Foto : Begini kondisi sirkuit BMX di Desa Kedungrejo, Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi

PB ISSI : “Sirkuit BMX Muncar Terbaik Se Indonesia”

Banyuwangi – Meski baru setahun dibangun, Sirkuit BMX Muncar yang terletak di Desa Kedungrejo, Kecamatan Muncar, Banyuwangi ini merupakan sirkuit terbaik di Indonesia. Hal itu dikatakan Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Sepeda Sport Indonesia  (PB ISSI) Raja Sapta Oktohari. ISSI adalah federasi olahraga yang menaungi segala macam jenis olahraga berbasis sepeda.

Tingkat kesulitan lintasan sepeda di Banyuwangi juga jauh lebih bagus. Sirkuit ini dibangun sesuai standar internasional dari Persatuan Balap Sepeda Internasional (Union Cycliste Internationale/UCI). “Sirkuit BMX Muncar ini dibangun sesuai dengan yang distandarkan oleh UCI. Seperti panjang dan kemiringan lintasan, serta tinggi tanjakan” kata Raja Sapta.

Indonesia saat ini baru memiliki 3 sirkuit BMX, yakni di Siak, Yogyakarta, dan terbaru ada di Banyuwangi. ”Siak sudah lama, tapi tingkat kesulitannya beda dengan Banyuwangi,” ujar Raja Sapta.

Dikatakan Raja, Sirkuit BMX Muncar adalah satu-satunya sirkuit BMX di Indonesia yang memenuhi standar internasional dari UCI. Oleh karena itu, nantinya pelatihan nasional BMX yang digelar PB ISSI akan dipusatkan di Kabupaten Banyuwangi.

Sirkuit BMX Muncar merupakan sirkuit milik Pemkab Banyuwangi yang mulai dibangun 2015 dengan anggaran mencapai Rp. 2 miliar. Sirkuit yang dibangun di atas lahan seluas 2 hektare ini akan dijadikan sebagai tempat perhelatan kejuaraan MBX Internasional C1 Race pada 2-3 April mendatang. Sebelumnya, sirkuit ini juga digunakan pada pergelaran Porprov (Pekan Olahraga Provinsi) V tahun 2015 saat  Banyuwangi menjadi tuan rumahnya. (**)

Reporter : Rizki A. Restiawan

About Rizki Restiawan

Check Also

Ke Banyuwangi, Presiden Jokowi: BLT El Nino Untuk Tingkatkan Daya Beli Masyarakat

BINTANG TENGGARA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi, Rabu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *