Beranda News Banyuwangi Sejumlah Nelayan Muncar Masih Lakukan Perburuan Sirip Hiu

Sejumlah Nelayan Muncar Masih Lakukan Perburuan Sirip Hiu

1325
0
Foto : Pengambilan sirip hiu disalah satu tempat pengepul di Pelabuhan Ikan Muncar, Banyuwangi.

Banyuwangi – Banyaknya permintaan untuk pembelian sirip hiu, membuat sejumlah nelayan Muncar bersemangat untuk memburunya. Tak heran, jika di Pelabuhan ini ada pengepul yang melayani jual beli khusus sirip ikan hiu.

Hiu tersebut ditangkap untuk berbagai alasan dari kuliner hingga medis. Harganya yang lumayan cukup fantastis, ternyata yang menjadi alasan bagi nelayan untuk ingin sekali memburunya.

Dalam bidang kesehatan, sejumlah ilmuwan berusaha menghubungkan kandungan protein dan mineral yang ada di tulang rawan sirip ikan hiu. Sirip dan moncong yang terbuat dari tulang rawan tersebut diketahui memiliki ketahanan terhadap infeksi serta kekebalan terhadap kanker.

Hal itu ternyata membuat ikan hiu yang merupakan salah satu predator puncak di lautan terus berkurang, sehingga terancam punah. Sejumlah gerakan aksi menolak perburuan hiu gencar dilakukan secara global, ini membuat sejumlah negara mengambil kebijakan untuk melarang jual beli hiu terutama siripnya.

Jika perburuan ini terus dilakukan, maka bukan tidak mungkin hiu yang selama ini kita kenal sebagai predator ganas di lautan akan punah. Anak cucu kita nantinya hanya mendengar cerita dan melihat gambarnya saja.

Reporter : Rizki Restiawan

LEAVE A REPLY