Beranda News Banyuwangi Karnaval di Banyuwangi Berlangsung Meriah

Karnaval di Banyuwangi Berlangsung Meriah

8140
0

Banyuwangi – Masyarakat Banyuwangi kembali memadati sepanjang jalan protokol yang dilalui peserta karnaval pelajar, Sabtu(20/8).Hal ini untuk untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI ke – 71.

Sejak pukul 12.00 WIB, sepanjang jalanan ini sudah disesaki warga yang ingin menyaksikan beragam atraksi karnaval pelajar yang dimulai dari depan Pemkab Banyuwangi dan finish di Taman Blambangan.

Karnaval ini dilepas Wakil Bupati Banyuwangi, Yusuf Widyatmoko. Dalam kesempatan ini Wabup Yusuf menyatakan apresiasinya terhadap kreatifitas para peserta karnaval. “Dengan adanya kegiatan ini, membuktikan kecintaan kita terhadap tanah air dan mengenang jasa para pejuang. Berkreativitaslah terus dalam mengisi kemerdekaan ke -71 ini,” ujar Wabup.

Karnaval pelajar ini diikuti 23 kontingen siswa SMP/MTS/ SMA/SMK hingga mahasiswa. Dalam karnaval ini pelajar tampil dengan beragam tema kekhasan budaya Banyuwangi yang terangkum dalam kesenian daerah, mulai jaranan, janger,seblang hingga fragmen minakjinggo. Juga seni budaya yang ditampilkan balutan kostum gandrung, seblang dan barongan. Juga tak ketinggalan kostum Banyuwangi Ethno Carnival (BEC).

Selain juga menampilkan destinasi wisata dan hasil bumi Banyuwangi. Ada juga ragam pakaian adat dan budaya, perjuangan dan seni, serta profesi dan olah raga. Selain menampilkan kekhasan lokal Banyuwangi, dalam karnafal ini Indonesia dalam bentuk mini lewat kostum bhinneka tunggal ika.

Karnaval ini diawali dengan penampilan drumband dari MAN Banyuwangi. Kemudian secara berturut-turut diikuti barisan di belakangnya. Beberapa sekolah memvisualisasikan masa pra kemerdekaan, proklamasi, orde baru dan era reformasi dalam event ini.

Alunan musik-musik perjuangan yang mengiringi setiap tampilan karnaval ini semakin membuat pawai ini terasa kental Agustusan. Tari-tarian kreasi baru semakin melengkapi tampilan karnaval yang diikuti pelajar, mahasiswa dan umum ini. Ada atraksi jaranan buto yang dimainkan pelajar juga membuat sajian yang memuaskan penonton. Tidak ketinggalan, ditampilkan pula fragmen-fragmen perjuangan pahlawan nasional yang menceritakan perjuangan meraih Kemerdekaan RI. (humas)

Rizki Restiawan

LEAVE A REPLY