Catat! Tanggal 8 Desember 2016 Ada Wayang Kulit di Pelinggihan Disbudpar Banyuwangi

Radiobintangtenggara, BANYUWANGI  – Kabupaten di ujung timur Pulau Jawa ini tak henti-hentinya menyuguhkan beragam atraksi budaya. Setelah sukses menggelar Banyuwangi Night Carnival “Festival Kuwung”, Pemerintah Daerah akan memberikan atraksi budaya Pagelaran Wayang Kulit. Acara ini akan dilaksanakan pada Kamis, 8 Desember 2016, pukul 20.00 WIB.

Dalam pagelaran ini, akan mengangkat cerita lakon “Wahyu Mahkuto Romo” yang akan dibawakan langsung oleh Dalang Ki Gaib Siswoyo. Pelinggihan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi akan menjadi panggung pagelaran wayang Kulit ini. Pagi harinya pukul 08.00 WIB, akan digelar Ruwatan Markuwolo yang akan dibawakan oleh Dalang Ki Soemadi Sabdo Widodo.

Menurut Ainur Rofiq, Kasi Informasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, Wahyu Mahkuto Romo menceritakan ketika jaman sudah mulai rusak, manusia sudah tidak bisa dipercaya. Maka satu-satunya tempat berguru adalah alam.

“Mahkuto Romo adalah ajaran pada sifat dan watak alam yang tidak pernah berbohong,” ujarnya.

Ajaran ini, lanjut Ainur adalah delapan alam sebagai ajaran luhur warisan leluhur jawa yang akan abadi sepanjang jaman. Watak matahari, rembulan, bintang, mendung, bumi, api, laut, dan angin adalah kedelapan ajaran tersebut. Hanya kesatria yang tulus dan tangguh yang dapat menggapai Mahkuto Romo dan layak menjadi panutan segala bangsa. (ren/riz)

About Rima Indah

Check Also

KAI Daop 9 Jember ‘Jangan Berada di Jalur kereta api, Berbahaya!’

BINTANG TENGGARA – Pada pukul 03.40 WIB masinis kereta api Wijayakusuma relasi Cilacap – Jember …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *