Jelang bulan puasa, harga komoditas kebutahan pokok mulai beranjak naik, seperti yang terjadi di Jember, Jawa Timur. Foto/Ilustrasi

Radiobintangtenggara.com, JEMBER – Beberapa komoditas bahan pokok di kabupaten Jember terpantau mengalami kenaikan di dua pekan menjelang  bulan Ramadhan. Senin, (15/05) Sejumlah komoditas yang kenaikannya cukup signifikan dalam beberapa hari terakhir antara lain beras, minyak goreng, gula pasir, dan telur ayam ras.

Salah satu pedagang Pasar Tanjung Jember, Edy mengatakan, beberapa komoditas harga beras mengalami kenaikan secara signifikan. Kenaikan tersebut berkisar dari 100 rupiah hingga 2.500 rupiah. Ia menambahkan, kenaikan harga itu selalu terjadi menjelang bulan Ramadhan.

“Hal ini dikarenakan permintaan sejumlah komoditas bahan pokok yang cenderung meningkat namun pasokannya tetap,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jember, memintainta masyarakat tak panik dengan naiknya harga kebutuhan jelang ramadhan.

Naiknya harga sejumlah komoditas kebutuhan pokok itu, menurut Anas, karena kebiasaan masyarakat yang memperbanyak stok kebutuhan menjelang Ramadhan. Untuk itu masyarakat dihimbau agar tidak terpancing isu sehingga terjadi panic buying dan melakukan aksi borong.

Lebih lanjut, Anas memastikan hingga saat bulan Ramadhan nanti pasokan komoditas kebutuhan pokok  cukup aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Supiyani

LEAVE A REPLY