Petugas melayani permohonan pencetakan KTP el di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jember. Jum'at (07/07)

Radiobintangtenggara.com, JEMBER – Setelah mendapat kiriman 40 ribu blanko Kartu Tanda penduduk Electronik (KTP-el) pada  Mei 2017 lalu, Dispenduk Capil Kabupaten Jember berharap pemerintah segera mengirimkan kembali blanko KTP-el.

Pasalnya, melonjaknya permintaan masyarakat Jember akan KTP-el paska lebaran dikhawatirkan membuat stok 40 ribu blanko KTP-el tidak akan bertahan lama.

Kepala Dispenduk Capil kabupaten Jember, Arief Tjahjono mengaku, Jumlah masyarakat kabupaten Jember yang sudah melakukan perekaman data untuk KTP-el sebanyak 1,7 juta dari total wajib KTP sebanyak 1,9 juta.

Menurut Arif, setelah blanko KTP-el diterima Dispenduk langsung melakukan pencetakan. Namun, tidak seimbangnya  jumlah masyarakat yang akan mencetak dengan blanko yang tersedia membuat stok blanko yang dimiliki cepat habis.

“Satu hari ini saja pencetakan KTP el bisa mencapai seribu orang,” katanya.

Jika pelayanan normal, lanjut Arif, dalam sehari diterbitkan 500 KTP-el. Namun sejak awal pekan masyarakat pemohon KTP membludak hingga Dispendukcapil Jember harus menerbitkan KTP-el hingga melebihi pelayanan normal.

Ia berharap, sebelum Agustus Pemerintah pusat dapat kembali mengirimkan blanko KTP-el ke Kabupaten Jember

“Agar pihaknya tidak lagi harus menerbitkan Surat Keterangan (Suket) KTP-el bagi masayakat yang tidak bisa mencetak KTP nya,” ujarnya.

SUPIANIK

LEAVE A REPLY