Gubernur Bali Pastika dalam sambutannya pada Puncak Peringatan Hari Jadi ke-59 Provinsi Bali yang dirangkaikan dengan Peringatan Hari Pramuka di Lapangan Puputan Margarana Niti Mandala Denpasar, Senin (14/8). (Foto. Repro.)

Pemprov Bali Gelar Hari Jadi Bali dan Pramuka Bersama

Radiobintangtenggara.com, BALI  – Memaknai Peringatan Hari Jadi ke-59 Provinsi Bali, Gubernur Made Mangku Pastika mendorong akselerasi program pembangunan, khususnya yang berkaitan langsung dengan kemaslahatan masyarakat.

Harapan itu disampaikan Pastika dalam sambutannya pada Puncak Peringatan Hari Jadi ke-59 Provinsi Bali yang dirangkaikan dengan Peringatan Hari Pramuka di Lapangan Puputan Margarana Niti Mandala Denpasar, Senin (14/8).

Mengawali sambutannya, Gubernur Pastika mengajak seluruh komponen masyarakat menjadikan peringatan hari jadi sebagai momentum untuk mensyukuri dan memahami perjalanan panjang Provinsi Bali dalam menghadapi dinamika sosial kemasyarakatan yang berkembang semakin kompleks.

“Sejauh ini Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota telah banyak menuai prestasi,” katanya.

Baca Juga. Kecelakan Tunggal di Jalur Baluran, Satu Korban Meninggal Warga Sapeken

Ia menambahkan, Berbagai indikator statistik kemajuan pembangunan menunjukkan bahwa Daerah Bali telah meraih hasil atas upaya optimal dalam pelaksanaan pembangunan.

Namun Pastika mengingatkan agar berbagai capaian tersebut tak membuat Pemerintah Provinsi maupun Kabupaten/Kota terlena dan berpuas diri karena masih banyak permasalahan pembangunan dan kemasyarakatan yang mesti diselesaikan.

Menurut  Pastika, dinamika sosial-global bergerak sangat cepat dan kompleks dan berpotensi menimbulkan permasalahan baru sehingga membutuhkan antisipasi yang cepat dan tepat.

“Sejalan dengan itu, Pastika juga mendorong partisipasi masyarakat dalam mengawal program pembangunan yang tengah berjalan,” ujarnya.

Baca Juga. Tekan Bertambahnya Penyebaran AIDS, KPA Banyuwangi gelar Penyuluhan

Pemprov Bali, lanjut pastika, memberi ruang yang seluas-luasnya bagi masyarakat untuk mengkritisi kebijakan dan program pemerintah agar masyarakat ikut merasa memiliki dan ikut berbangga dengan program pembangunan dan hasil-hasilnya.

Pada bagian lain, orang nomor satu di Bali itu juga menyinggung tema peringatan HUT yaitu ‘Melalui Semangat Hari Jadi ke59 Provinsi Bali, Kita Tuntaskan Bali Mandara Jilid 2’.

Menurutnya, tema itu mengandung spirit bagi seluruh komponen masyarakat Bali untuk memantapkan komitmen dalam menyukseskan pembangunan daerah.

YULIUS MARTONI

About Fareh Hariyanto

Check Also

Ke Banyuwangi, Presiden Jokowi: BLT El Nino Untuk Tingkatkan Daya Beli Masyarakat

BINTANG TENGGARA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi, Rabu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *