Penyerahan lomba Keilmuan Tingkat SMA se-Bali khususnya dalam bidang Ilmu Pengetahuan Fisika, yang diselenggarakan Senin (14/08) di GOR Lila Bhuana, Denpasar. (Foto. Repro)

Guna Gugah Kepedulian Generasi Muda Wakil Gubernur Bali Gandeng Forum Bali Pintar

Radiobintangtenggara.com, BALI –  Guna menggugah kepedulian Generasi Muda Bangsa terhadap pengetahuan dibidang keilmuan, Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta menggandeng Forum Bali Pintar.

Hal itu dilakukan untuk menggagas penyelenggaraan  kegiatan lomba Keilmuan Tingkat SMA se-Bali khususnya dalam bidang Ilmu Pengetahuan Fisika, yang diselenggarakan Senin (14/08) di GOR Lila Bhuana, Denpasar.

Sudikerta menyampaikan apresiasinya disela-sela pengumuman final, terhadap para siswa/i yang dengan semangat mengikuti ajang perlombaan tersebut.

Menurutnya, ilmu bisa tidak ada gunanya bagi seseorang yang mempelajari dengan cara yang salah seperti menghafal rumus tanpa mengerti konsep, menghafal berbagai metode untuk mengerjakan soal.

“Semua itu adalah salah satu contoh bentuk kesalahan dalam mempelajari ilmu,” katanya.

Ia menambahkan, ilmu juga bisa sangat-sangat dekat dengan kehidupan seseorang jika bisa menerapkan metode berpikir saintifik dalam mengevaluasi informasi yang kita terima.

Lebih lanjut Sudikerta juga menjelaskan bahwa,  proses mempelajari ilmu dengan benar akan melatih menggunakan prinsip-prinsip logika dalam mengevaluasi apakah informasi yang diperoleh itu benar atau salah.

Proses pelatihan itu akan mengasah ketajaman siswa dalam berpikir kritis dan menggunakan logika. Oleh karena itu, Sudikerta meminta Para Guru sebagai pengayom siswa/i di sekolah bersatu padu untuk memberikan pendidikan yang berkualitas pada siswa.

“Sehingga, ilmu yang berikan dapat diterima dengan baik dan menjadi acuan bagi para siswa untuk bersaing di tingkat Nasional maupun Internasional,” ujarnya.

YULIUS MARTONI

About Fareh Hariyanto

Check Also

Ke Banyuwangi, Presiden Jokowi: BLT El Nino Untuk Tingkatkan Daya Beli Masyarakat

BINTANG TENGGARA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi, Rabu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *