Puluhan pelajar penyandang disabilitas tuna netra dari yayasan pendidikan Dria Raba hari ini gelar Lokakarya Musik. Dengan menampilkan musisi jazz Julian Banks dari Australia dan musisi kendang Sunda Indonesia, Cepi Kusmiadi. (Foto. Yulius martoni)

Dria Raba Bali, Gelar Lokakarya Musik

Radiobintangtenggara.com, DENPASAR – Puluhan pelajar penyandang disabilitas tuna netra dari yayasan pendidikan Dria Raba gelar Lokakarya Musik. Jum’at (18/08).

Lokakarya itu menampilkan musisi jazz Julian Banks dari Australia dan musisi kendang Sunda Indonesia, Cepi Kusmiadi.

Kolaborasi musik itu menampilkan musik jazz modern Australia dengan perkusi tradisional Indonesia dan mempertunjukkan beberapa karya musik yang telah mereka mereka hasilkan.
Para pelajar juga diajak berdikausi mengenai penggabungan musik modern dan tradisional serta mencoba memainkan dan mengenali suara-suara yang dihasilkan dari alat musik.
Konsul-Jendral Australia di Bali, Helena Studdert menyampaikannya penghargaan atas kesediaan para musisi menyempatkan waktu dalam tur mereka untuk secara suka rela bekerja bersama para siswa.
“Kolaborasi artistik seperti ini mencerminkan hubungan budaya dan orang ke orang uang dekat dan sudah berlangsung lama antara Australia dan Indonesia, khususnya di Bali”, ujar Different.
Sementara itu Ketua Yayasan Pendidikan Dria Raba, Dayu Pradyani sangat mengapresiasi pelaksanaan lokakarya musik tersebut.
“Pendengaran anak-anak tuna netra sangat peka akan musik, jadi pelaksanaan lokakarya yang memperkenalkan siswa kami dengan berbagai alat musik yang dapat dikomunikasikan sangat tepat sasaran”, ujarnya.
Julian dari Julian Banks Group mengatakan sangat senang berada di sini dan tidak sabar untuk bermain bersama para pelajar.
Ia mengatakan bermusik dari Julian Banks Group Agung sejak lama dan bertemu dengan Cepi di Ubud Village Festival dan tahun lalu membuat rekaman.

Sejumlah musik yang dibawakan disambut antusias seperti “Uluwatu” yang disambut antusias penonton. Beberapa kesempatan pelajar tuna netra ikut mengambil peran dengan memainkan bass, kendang dan gitar.
Pande Putu Rivan (19) mengatakan musiknya keren dan senang bisa bermain musik dengan Julian Banks.
“Mungkin dari sedikit nada dasar bisa diimprovisasi”, ujarnya.
Ia mengatakan mulai bermain musik sejak umur 11 tahun. Dan pengen lebih giat belajar agar bisa sepertinya. Beberapa pelajar juga berkolaboraai memainkan alat musik rindik.
Ada sekitar sepuluh lagu yang dibawakan oleh Julian Banks Group_Agung. Melalui program bantuan langsung, Konsulat Jendral Australia memberikan bantuan bagi yayasan pendidikan Dria Raba untuk melengkapi dan perbaikan fasilitas serta peralatan musik di sekolah yang dikelola yayasan.
YULIUS MARTONI

About Fareh Hariyanto

Check Also

Ke Banyuwangi, Presiden Jokowi: BLT El Nino Untuk Tingkatkan Daya Beli Masyarakat

BINTANG TENGGARA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi, Rabu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *