Beranda Ekonomi Musim durian telah tiba

Musim durian telah tiba

600
0

MUSIM durian telah tiba. Buah berduri berjuluk King of Fruit atau Rajanya Buah ini bisa dengan mudah dijumpai di setiap sudut kota.

Namun, pengetahuan yang keliru membuat durian dianggap sebagai penyebab beberapa gangguan kesehatan. Akhirnya, banyak orang yang menghindari bahkan memilih tidak memakan durian sama sekali.

Padahal, durian kaya dengan vitamin dan nutrisi seperti buah lainnya, yang artinya durian juga sama baiknya untuk kesehatan tubuh.

Berikut 9 fakta dari si Raja Buah yang wajib Anda ketahui.

1. Durian Tinggi Kalori : Banyak yang beranggapan kalau buah durian tinggi akan kalori, akan tetapi durian hanya memiliki 50kcal saja.

2. Durian Tinggi Kolesterol ; Fakta sesungguhnya belum ada di dunia ini tanaman yang menghasilkan kolesterol. Bahkan sebenarnya 80 persen kolesterol berasal dari sintesa di dalam tubuh kita sendiri, 20 persen sisanya berasal dari lemak hewani. Kolesterol hanya terdapat pada produk hewani, bukan nabati.

3. Nilai Nutrisi yang sedikit : Buah durian sebenarnya kaya dengan vitamin dan nutrisi, seperti penangkal antioksidan yaitu vitamin C, B kompleks untuk persendian, dan pottasium untuk stamina. Durian juga mengandung dengan Kalsium dan Phosporus.

Durian juga banyak mengandung phytonurient, polyphenol, phytosterol, antioksidan, organosulfur, dan tryptophan; di samping itu juga zat gizi umum seperti karbohidrat, lemak tak jenuh, dan protein.

4. Lemak : satu biji durian menghasilkan 1-2 g saja lemak nabati

5. Tinggi gula : Perbiji durian (satu ulas) mengandung 10g gula. Ini cukup rendah dari pada anda mengkonsumsi minuman ringan kalengan

6. Terdapat kandungan alkohol : Anggapan ini sangat tidak tepat, karena tidak ada tanaman di bumi ini yang menghasilkan alkohol, kecuali karena fermentasi gula atau karbohidrat yang dikandungnya.

7. Durian tidak dibolehkan bagi penderita kolesterol: Memang betul demikian, akan tetapi bukan hanya durian saja, makanan yang mengandung gula berlebih memang tidak diperuntukkan oleh orang penderita diabetes dan kencing manis

8. Tidak dianjurkan makan berlebihan : Memang memakan buah ini terlalu banyak pun dapat merusak kesehatan apalagi bagi penderita penyakit diatas. 2 sampai 3 potong rasanya sudah cukup untuk menikmati buah yang enak ini.

9. Menghilangkan Stres : Buah durian mengandung salah satu jenis Amino asid, trypthopan yang berguna untuk meningkatkan hormon serotonin (semacam hormon pembawa rasa kantuk). Selain itu, rasanya yang lesat dengan teksturnya yang lembut memang layak disebut sebagai buah penghilang stres.

( berbagai sumber – aff )

LEAVE A REPLY