Beranda News Ratusan Kader PKK Dilatih Membuat Home Industri Handycraft

Ratusan Kader PKK Dilatih Membuat Home Industri Handycraft

710
0

Banyuwangi – Mengawali kinerjanya di tahun 2016 ini, Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyuwangi langsung melakukan sejumlah kegiatan. Salah satunya, memberikan pelatihan Home Industri Handycraft kepada ratusan kadernya.

Kegiatan ini di gelar di Gedung Wanita, Senin (14/3) dengan mengikut sertakan 150 kader yang berasal dari Kelurahan Tukangkayu dan Kelurahan Kebalenan, Kecamatan Banyuwangi. Dalam kegiatan ini, peserta langsung diajak praktek membuat membuat beragam kerajinan tangan. Mulai dompet dari monte, menjahit dan merajut (smock) kain perca menjadi taplak meja, tudung makan dan tempat tisue.  Semua bahan yang digunakan peserta telah disiapkan, seperti kain saten, spon, benang, resleting, alat semprot, monte jarum, gunting hingga mesin jahit.

Untuk membuat dompet monte, diawali dengan membuat pola dompet sesuai selera, baru spon dan kain ditempel. Hasil potongan dijahit untuk dipasang resleting. Selanjutnya, diberi manik-manik monte di atas dompet. Begitu juga dengan smock, kain-kain perca ini dibentuk sesuai peruntukan, kalau untuk taplak meja di buat pola taplak, lalu di beri pernak pernik perca yang cantik dengan ketrampilan smock.

Selain dua pelatihan ini, PKK masih akan menggelar pelatihan membuat kue kering pada hari Kamis, (17/3). Selama pelatihan para kader PKK ini dibimbing tenaga ahli dibidangnya. “Senang sekali bisa mendapatkan pelatihan seperti ini, selain menambah ketrampilan kalau hasilnya bagus saya bisa jual. Bisa untuk bantu-bantu tambah pemasuka,” kata salah seorang kader.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK, Ipuk Fiestiandani Azwar Anas, mengatakan pelatihan ini dimaksudkan sebagai upaya PKK dalam meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga, sekaligus mendukung pengembangan usaha industri kecil di Banyuwangi.

Lebih dalam dikatakan Ny Dhani Azwar Anas sapaan Ipuk Fiestiandani, pelatihan ketrampilan sangat penting, khusus bagi kaum ibu. Dengan banyak ilmu salah satunya pelatihan handy craft ini bisa membantu meningkatkan ekonomi keluarga dengan jalan mengembangkan sebagai usaha kecil. “Misalkan, saat ada acara temu kader, ibu-ibu bisa menjual ke sesama ibu-ibu. Sehingga PKK ini tak lagi, hanya kumpulan arisan ibu-ibu, tetapi sudah lebih bermanfaat dan memiliki ketrampilan yang patut dibanggakan,” kata Ny Dhani.

Ditambahkan Ny Dhani, pelatihan ini diikuti para kader PKK dari kelurahan yang ada di Kecamatan Banyuwangi ini merupakan usulan dari kader perempuan bawah yang digodok melalui musrenbang di kecamatan.

“Ini hasil usulan dari bawah makanya kami akan terus dorong kegiatan ini agar mereka semangat. Bahkan kalau mereka sudah siap, kami akan membantu memasarkannya Tentunya akan kami sinergikan kegiatan ini dengan SKPD terkait. Diantaranya, Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pertambangan serta Dinas Koperasi dan UMKM untuk pemasaran keluar,”pungkas Ny Dhani. (Alv)

LEAVE A REPLY