Beranda News Banyuwangi Jelang Puasa Sejumlah Bahan Kebutuhan Pokok Mulai Naik

Jelang Puasa Sejumlah Bahan Kebutuhan Pokok Mulai Naik

619
0
Ibu Mia mengaku sudah terbiasa dengan naiknya harga kebutuhan pokok menjelang puasa

Gambiran – Menjelang datangnya bulan suci Ramadhan 1437 H, sejumlah bahan kebutuhan pokok dibeberapa pasar di Banyuwangi mulai merangkak naik.

Di Pasar Jajag Gambiran, kenaikan tersebut terjadi sejak sepekan lalu. Menurut Mia, 50, salah seorang pedagang setempat mengaku, naiknya harga harga kebutuhan pokok menjelang bulan puasa sudah wajar terjadi.

“Seperti tahun tahun sebelumnya setiap jelang puasa mesti naik” kata Mia kepada Radiobintangtenggara. Selasa (31/5)

Telur ayam ras dari sebelumnya hanya Rp 20 ribu/kg, kini sudah naik Rp 2 ribu menjadi Rp 22 ribu/kg, minyak kemasan 2 liter yang sebelumnya Rp 23 ribu naik menjadi Rp 25 ribu, beras dengan kualitas super naik menjadi Rp 11 ribu/kg dari harga sebelumnya hanya Rp 10 ribu/kg.

Sementara untuk daging ayam potong dari sebelumnya Rp 27 ribu saat ini sudah mencapai Rp 29 ribu. Sedangkan daging sapi tidak ada perubahan harga dan masih tetap stabil yakni Rp 115 ribu.

Namun harga bawang merah dan putih yang beberapa pekan lalu harganya melambung tinggi, saat ini justru menurun drastis. Harga bawang merah yang sebelumnya mencapai Rp 32 ribu/kg turun menjadi Rp 28 ribu/kg, sementara untuk harga bawang putih dari sebelumnya Rp 34 ribu/kg turun menjadi Rp 32 ribu/kg.

Pedagang berharap naiknya harga kebutuhan pokok saat ini, bisa diimbangi dengan tingkat permintaan masyarakat yang bertambah, sebab jika tidak maka daganganya akan merugi.

Itang Oktavian

LEAVE A REPLY