BPMPD Banyuwangi Kembali Gelar Lomba Desa

Banyuwangi – Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Banyuwangi kembali menggelar lomba desa/kelurahan pada tahun 2016 ini.

Menurut Kabid Pemberdayaan Desa BPMPD Banyuwangi A. Faishol NS, tujuan diadakan lomba adalah untuk mengoptimalkan segala bentuk pelayanan pemerintahan desa/ kelurahan. Lomba tersebut diawali dengan penilaian oleh desa itu sendiri, nantinya hasil penilaian akan disampaikan pada pemerintah tingkat kecamatan.

Selanjutnya tim teknis tingkat kecamatan melakukan verifikasi data, termasuk cek di lapangan untuk menentukan Desa mana yang terbaik. Setelah ditentukan, kemudian desa tersebut akan dicalonkan untuk berkompetisi dengan desa lain di tingkat kabupaten. Dalam hal ini ditangani oleh BPMPD Banyuwangi.

Dalam lomba desa/kelurahan ini lanjut Faisol, ada beberapa indikator yang harus dipenuhi.  Indikator tersebut meliputi kinerja pemerintah desa atau kelurahan setempat, inisiatif, kreatifitas, inovasi, tanggap dan siap bencana, partisipasi masyarakat, pemberdayaan kesejahteraan keluarga, kemanan dan pendidikan.

Setiap indikator tersebut ada nilai skor tersendiri. Desa dan kelurahan yang memiliki skor tertinggi akan menjadi pemenang. Namun menurutnya penilaian tidak hanya dari segi administrasi, akan tetapi disesuaikan dengan fakta di lapangan.

Lomba yang berlangsung selama enam bulan tersebut, sudah dimulai sejak Februari 2016 lalu. Untuk jadwal penilaian pada bulan Juni ini adalah (23/6) Desa Kaligondo, Kecamatan Genteng dan Desa Tegalsari, Kecamatan Tegalsari. (24/6) Desa Tulungrejo, Kecamatan Glenmor dan Desa Kajarharjo Kecamatan Kalibaru. (27/6) Desa Cantuk, Kecamatan Singojuruh dan Desa Cluring, Kecamatan Cluring. (28/6) Desa Wringinrejo, Kecamatan Gambiran.

Rizki Restiawan

About Rizki Restiawan

Check Also

KAI Daop 9 Jember ‘Jangan Berada di Jalur kereta api, Berbahaya!’

BINTANG TENGGARA – Pada pukul 03.40 WIB masinis kereta api Wijayakusuma relasi Cilacap – Jember …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *