Pemkab Banyuwangi Kembali Buka Mudik Gratis

Banyuwangi – Pemerintah Kabupaten Banyuwangi tahun ini kembali menggelar mudik dan balik gratis. Sebanyak 15 ribu lebih kursi penumpang dan 160 sepeda motor disediakan oleh Pemkab.

“Kuota penumpang dalam mudik gratis sebanyak 15.815, dan akan dibagi menjadi 9.885 penumpang untuk arus mudik dan 5.930 untuk arus balik, sementara untuk kuota 160 sepeda motor akan dibagi menjadi 80 untuk arus mudik dan 80 untuk arus balik”. Kata Suprayogi, Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) Banyuwangi.

Mudik dan balik gratis pada tahun ini akan melayani rute Surabaya – Banyuwangi PP, Malang – Banyuwangi PP, Denpasar – Banyuwangi PP dan Banyuwangi – Sapeken PP. Jadwal mudik gratis ini akan dimulai H-3 Idul Fitri 1437 H, sementara balik gratis akan dilaksanakan secara serentak H+4. Moda transportasi yang disediakan meliputi bus, kapal laut, kereta api, dan truk pengangkut sepeda motor.

“Untuk mudik gratis sepeda motor ditahun 2016 ini, untuk mengurangi kepadatan lalu lintas dan menekan angka kecelakaan di jalan selama penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2016, tambahnya.

Sementara untuk mudik gratis dengan transportasi darat, Pemkab Banyuwangi telah bekerja sama dengan pemerintah provinsi Jawa Timur yang menyediakan 29 armada bus dan dua kereta api (KA), kelas ekonomi. Nantinya, mudik bus gratis ini akan diberangkatkan dari kantor Dinas Perhubungan dan Lalu Lintas Angkutan Jalan (Dishub & LLAJ) Provinsi Jawa Timur, Jalan A Yani 268 Surabaya, pukul 08.00 WIB.

Rute Surabaya – Banyuwangi dibagi dalam dua jadwal. Gelombang  pertama akan diberangkatkan tanggal 3 Juli 2016, dengan 13 armada bus, berkapasitas 715 penumpang. Gelombang II, akan diberangkatkan tanggal 4 Juli 2016, dengan 12 armada bus, berkapasitas 660 penumpang.

Sedangkan yang dari Denpasar – Banyuwangi, lanjut Suprayogi, pemkab menyiapkan 4 armada bus dan satu truck untuk menampung sepeda motor para pemudik. Dengan armada ini diperkirakan bisa menampung 220 penumpang dan 30 motor. Namun khusus mudik Bali – Banyuwangi dilaksanakan hanya sehari, yaitu pada Sabtu 2 Juli 2016. Start-nya dari outlet  Ikawangi Denpasar, pukul 09.00 WITA.

Khusus untuk KA gratis, dijadwalkan tanggal 3 – 5 Juli 2016, dengan dua KA, yakni KA Tawangalun Jurusan Malang – Banyuwangi dan KA Probowangi Surabaya – Banyuwangi. Diperkirakan dengan dua kereta ini bisa terangkut 5.830 pemudik menuju Banyuwangi.  Sementara bagi pemudik yang sudah mempunyai tiket gratis bisa langsung datang ke stasiun kereta api di Malang Kota dan Gubeng, Surabaya.

Selain itu, jalur laut yang menggunakan kapal dengan rute Banyuwangi – Sapeken, dijadwalkan berangkat mulai tanggal 29 Juni – 12 Juli 2016, langsung dari Pelabuhan Tanjung Wangi, Ketapang, Banyuwangi. Kapal laut ini akan melayani mudik – balik gratis, dari Banyuwangi- Sapeken sebanyak 12 trip. Diperkirakan akan mengangkut 2.400 penumpang.

Pendaftaran layanan mudik gratis ini dibuka mulai tanggal 11 Juni dan ditutup sampai kuota penuh. Para pemudik yang ingin memanfaatkan layanan ini bisa langsung mendaftar di Dinas DLLAJ Provinsi Jatim. Sementara yang berminat untuk mendaftar program balik gratis, bisa langsung mendaftar di Kantor Dishubkominfo Banyuwangi, Jalan Agus Salim Banyuwangi.

Pendaftaran mudik dan balik menggunakan moda transportasi laut dibuka mulai tanggal 13 Juni di Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Tanjung Wangi. Sementara untuk KA pendaftaran dibuka mulai tanggal 13 Juni – 11 Juli 2016, dan bisa dilakukan di stasiun terdekat.

Rizki Restiawan

About Rima Indah

Check Also

KAI Daop 9 Jember ‘Jangan Berada di Jalur kereta api, Berbahaya!’

BINTANG TENGGARA – Pada pukul 03.40 WIB masinis kereta api Wijayakusuma relasi Cilacap – Jember …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *