Bondowoso

Tri Sentra Pendidikan Guna Menjamin Pertumbuhan Anak Secara Optimal

Radiobintangtenggara.com, BONDOWOSO – Dewas kini jika berbicara pendidikan maka fokus pembicaraan hanya kerap jatuh kepada siswa dan guru, sementara orang tua seperti diabaikan dalam pendidikan.

Padahal, sekolah tidak dapat memberikan semua kebutuhan pertumbuhan dan perkembangan peserta didiknya, sehingga diperlukan keterlibatan dari orang tua atau keluarga serta masyarakat sekitar.

Sekolah, keluarga dan masyarakat merupakan Tri Sentra Pendidikan yang sangat penting untuk dapat menjamin pertumbuhan anak secara optimal. Oleh karena itu, perlu dibangun kemitraan antara sekolah, keluarga dan masyarakat.

Baca Juga. Komitmen Tingkatkan Pendidikan, Banyuwangi Undang Pakar Dari Finlandia Tri 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bondowoso, Endang Hardiyanti, mengatakan,  bahwa sekolah, keluarga dan masyarakat harus berjalan beriringan tidak bisa berjalan sendiri-sendiri dalam menjaga pertumbuhan generasi muda.

“Maka dari itu perlu adanya sinergi diantara ketiga pilar utama pendidikan itu,” katanya.

Endang menambahkan, pendidikan bertumpu pada tiga pilar, jika hanya bertumpu pada pemerintah atau masyarakat saja tidak akan berhasil. Ketiga-tiganya harus bersinergi/ dalam menyelenggarakan pendidikan dalam rangka mencapai tujuan pendidikan tersebut.

Menurutnya, tujuan pendidikan yang dimaksud, yakni membentuk manusia seutuhnya. manusia yang berima, berbudi pekerti luhur, berakhlak, cerdas, mandiri, terampil, dan bertanggung jawab.

“Demi terbentuknya kualitas yang unggul,” ujarnya.

MUHAMMAD ANSORI

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Pemkab Bondowoso Terus Berupaya Menaikkan Lakip Kabupatennya - Radio Bintang Tenggara Banyuwangi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top