Beberapa JCH Banyuwangi tampak tertidur di tempat duduk saat menempuh perjalanan dari Madinah menuju Mekah dengan mengendari Bus yang disediakan oleh penyelenggara haji. (Foto. Eko Doso)

TPHD Himbau JCH Banyuwangi Waspadai Penyebaran Virus Mers-CoV

Radiobintangtenggara.com, MEKAH – Jemaah Calon Haji (JCH) Banyuwangi diimbau waspada terhadap bahaya virus Mers-CoV di Arab Saudi, meskipun sejauh ini tidak ditemukan ada yang terjangkit virus bahaya tersebut.

Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) Banyuwangi, Haji Jhon Subagya mengatakan bahwa para jemaah haji asal Banyuwangi harus tetap melakukan tindakan preventif agar tidak tertular.

“Apalagi, sudah ada kasus orang di Arab Saudi terjangkit virus mematikan tersebut,” katanya.

Baca Juga. JCH Banyuwangi Sudah Mulai Beranjak Menuju ke Mekah

Tak hanya itu, Subagya  juga mengungkapkan, bahwa ada beberapa tips agar jemaah haji terhindar dari virus MERS. Ia membeberkan tips tersebut antara lain, para jemaah haji harus rajin mencuci tangan dengan sabun, menutup mulut pada saat batuk atau bersin.

Selain itu, jemaah haji juga harus selalu menggunakan masker terutama bila berada di kerumunan orang, dan tidak mengunjungi peternakan dan tempat pemotongan hewan, terutama Unta.

“Hingga kini, rata-rata ternak unta yang berada di Mekah sudah dipindahkan oleh pemerintas setempat menjauh dari kerumunan jamaah haji,” ujarnya.

Baca Juga. Dua Pekan Jelang Masa Puncak Pelaksanaan Haji, Kota Mekah Mulai Padat Jamaah Haji

Sementara itu, terkait pembayaran Dam (denda), Subagya mengatakan  bagi jamaah haji asal Banyuwangi pembayaran Dam tersebut sudah divolunteer oleh pemerintas setempat dan petugas Haji asal Indonesia lain guna menghindarkan Jama’ah dari penipuan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Subagya menambahkan, hingga kini kondisi kesehatan para jamaah haji asal Banyuwangi tetap dalam kodisi prima, meski ada yang menurun kesehatannya namun hal itu sama sekali tidak mengganggu dalam proses peribadahan di Mekah.

RENDRA PRASETYO

About Fareh Hariyanto

Check Also

Ke Banyuwangi, Presiden Jokowi: BLT El Nino Untuk Tingkatkan Daya Beli Masyarakat

BINTANG TENGGARA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi, Rabu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *