Bupati Bondowoso, Amin Said Husni saat ditemui Radiobintangtenggara.com terkait upaya meningkatkan potensi lokal Bondowoso. Senin, (21/08) (Foto. M. Ansori)

Pemkab Bondowoso, Upayakan Potensi Produk Lokal Meningkat

Radiobintangtenggara.com, BONDOWOSO – Pemerintah Kabupaten Bondowoso Terus  Berupaya Mengembangkan Potensi Produk Lokal. Upaya tersebut dilakukan dengan mempermudah akses permodalan, melaksanakan pelatihan dan meningkatkan koordinasi dengan pemerintah pusat.

Bupati Bondowoso, Amin Said Husni mengatakan, terkait pengembangan potensi daerah, pihaknya telah meminta dukungan dari pemerintah pusat. Pengembangan produk unggulan itu terus dilakukan seperti kopi, beras dan pariwisata.

“Kami selalu mencari dukungan dari lembaga terkait, sehingga produk unggulan ini bisa lebih baik dan meningkat lagi,” katanya.

Baca Juga. Letkol Tarmuji : Masyarakat Sipil Punya Hak dan Kewajiban Bela Negara

Pengembangan kopi, lanjut Amin, perlu kemudahan akses permodalan. Selain itu, dampak pemberian bantuan-bantuan secara terus-menerus tanpa ada upaya lain dirasa tidak mendidik dan tidak merangsang untuk kreatif. Namun, akses permodalan berupa kredit akan terus mendorong perekonomian masyarakat.

Amin menambahkan, bantuan dari pemerintah pusat, mungkin baru berupa bibit, teknologi, pemasaran, alat untuk meningkatkan tampilan dan pelatihan. Pelatihan sendiri, kata Amin pada sektor hilirnya terus dilakukan, mengingat banyak bermunculan cafe di Bondowoso.

“Hal ini menjadi insiasi peningkatan pelatihan kepada barista penting dilakukan pemerintah,”  ujarnya.

MUHAMAD ANSORI

About Fareh Hariyanto

Check Also

Ke Banyuwangi, Presiden Jokowi: BLT El Nino Untuk Tingkatkan Daya Beli Masyarakat

BINTANG TENGGARA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi, Rabu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *