Derektur Sustainable Coffee Platform Indonesia, Veronika Herlina, usai acara penutupan Festival Kopi Nasional 2017 Bondowoso. (Foto. M. Ansori)

Barista Bondowoso Perlu Inovasi Lagi, Demi Republik Kopi

Radiobintangtenggara.com, BONDOWOSO – Kepada anak muda, ayo terus berkreatifitas untuk meracik kemudian menyajikan kopi yang berkualitas kepada semua penikmat kopi, serta memberikan pengaruh bagi dunia pariwisata.

sehingga wisatawan tidak hanya menikmati keindahan alamnya, melainkan juga merasakan kenikmatan kopi Bondowoso. Hal itu disampaikan Derektur Sustainable Coffee Platform Indonesia, Veronika Herlina, usai acara penutupan Festival Kopi Nasional 2017 Bondowoso.

Veronika mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi, bahwa langkah Bupati Bondowoso untuk mengembangkan kopi dihilir harus diperhatikan.

Menurutnya, pengembangan kopi dihilir akan menjadi sentuhan akhir yang akan menyempurnakan biji kopi Bondowoso. “Jika hal ini tidak dilakukan, kopi Bondowoso akan sulit berkembang,” katanya.

Namun, lanjut Veronika, jika hanya memperhatikan petani saja, dan tidak memikirkan di sisi penjualan tentu tidak akan memiliki masa depan yang baik bisnis itu.

“Para barista Bondowoso sudah lumayan maju dalam melakukan inovasi yang baik perlu ditingkatkan lagi,” ujarnya,

Selain itu, guna memantapankan industri kopi yang berkelanjutan,  Pemkab Bondowoso dewasa kini akan beralih fokus pada sektor peningkatan kapasitas barista yang bertebaran di cafe-cafe.

“Untuk pembinaan di hulu kepada para petani sudah bertahun-tahun dilakukan dan sudah mencapai hasil bagus,” pungkasnya.

MUHAMMAD ANSORI

About Fareh Hariyanto

Check Also

Ke Banyuwangi, Presiden Jokowi: BLT El Nino Untuk Tingkatkan Daya Beli Masyarakat

BINTANG TENGGARA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi, Rabu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *