Kepala Dinas Koperasi Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Bondowoso, Bambang Sukwanto saat dikonfirmasi terkait bantuan kepada Barista Bondowoso. (Foto. M. Ansori)

Diskoperindag Bondowoso Akan Berikan Pelatihan Kepada Barista

Radiobintangtenggara.com, BONDOWOSO – Guna menunjang industri kopi rakyat, Dinas Koperasi Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Bondowoso, akan meggelar berbagai pelatihan bagi pelaku industri kopi dan juga menyiapkan bantuan peralatan.

Kepala Dinas Koperasi Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Bondowoso, Bambang Sukwanto, mengatakan,hal tersebut  sesuai arahan Bupati Bondowoso, Amin Said Husni, pasca pelaksanaan Festival Kopi Nusantara 2017.

Diskoperindag menitikberatkan pada pemberian bantuan mesin pengolah kopi dan memberikan pelatihan kepada barista. “Hal ini, penting karena tugas Diskoperindag memang pengembangan di hilir ke hulu,” katanya.

Tahun ini, lanjut Bambang, Diskoperindag sudah memberikan dua buah bantuan mesin pengolah kopi. Mesin itu adalah berasal dari bantuan Kementerian Perindustrian RI. Rencananya, Kementerian Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI juga memberikan dua bantuan mesin pengolah.

Sementara itu, bentuk perhatian pemerintah Kabupaten Bondowoso juga ditunjukkan lewat pemberian bantuan mesin brewing. Bantuan itu menghabiskan dana kurang lebih Rp. 500 juta dan diserahkan kepada 5 sampai 10 kelompok tani maupun pemilik cafe atau warung kopidi Bondowoso.

“Dengan bantuan ini yang diberikan dapat memacu pertumbuhan ekonomi daerah dan memunculkan wirausahawan baru di sektor perkopian,” ujarnya.

MUHAMMAD ANSORI

About Fareh Hariyanto

Check Also

Ke Banyuwangi, Presiden Jokowi: BLT El Nino Untuk Tingkatkan Daya Beli Masyarakat

BINTANG TENGGARA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi, Rabu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *