Polres Jember menjalin sinergitas lintas sektoral bersama TNI, BPBD, Pemadam kebakaran, Perhutani dan masyarakat. menggelar latihan bersama antisipasi kebakaran hutan. (Foto. Supianik)

Cegah Kebakaran Hutan, Ratusan Personil Lakukan Simulasi Kebakaran

Radiobintangtenggara.com, JEMER – Tidak ingin hanya berpangku tangan dan berharap bencana kebakaran tidak terjadi diwilahnya, Polres Jember menjalin sinergitas lintas sektoral bersama TNI, BPBD, Pemadam kebakaran, Perhutani dan masyarakat.

Bertempat di Desa Seputih, Kecamatan Mayang, ratusan personil tersebut menggelar simulasi pencegahan kebakaran hutan.

Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo menjelaskan,, simulasi yang dilakuakan ini adalah sebuah wakeup call atau alarm bagi semua pihak agar selalu siap siaga menangani bencana kebakaran hutan dan lahan yang  sangat mungkin terjadi pada musim kemarau seperti saat ini.

Semua pihak harus memiliki kesamaan presepsi jika kebakaran hutan adalah tanggung jawab bersama sehingga perlu dilakukan upaya penanganan baik preventif maupun represif.

Menurut Kapolres, untuk upaya preventif atau pencegahan, semua pihak harus mampu tidak melakukan perbuatan yang mengakibatkan kebakaran, sepeti kecerobohan membuang puntung rokok sembarangan, pembakaran sampah yang tidak diawasi hingga menjalar dan  membakar hutan,

Serta menanam tanaman sekat bakar seperti kopi, dan membabat tumbuhan perdu seperti ilalang dan rumput  untuk mencegah kebakaran menjalar ketempat yang lebih luas.

Selain itu, kapolres jember juga menyampaikan, pihaknya telah melakukan  upaya represif dengan penegakan hukum khususnya bagi pelaku pembakaran hutan, yang sesuai aturan hukum juga diancam hukuman pidana.

Disebutkan, kegiatan simulasi ini  melibatkan sekitar 300 personil dari Polisi, TNI, Perhutani, Pemadam Kebakaran dan warga sekitar. Diawali terbakarnya lahan dikawasan hutan jati, warga dengan alat seadanya berusaha memadamkan api.

Dianggap tidak membuahkan hasil mereka lantas berkoordinasi dengan Kepolisian, petugas pemadam kebakaran dan Perhutani untuk meminta bantuan. Tak lama  mobil pemadam kebakaran datang dan kebakaran berhasil dipadamkan.

SUPIANIK

About Fareh Hariyanto

Check Also

Ke Banyuwangi, Presiden Jokowi: BLT El Nino Untuk Tingkatkan Daya Beli Masyarakat

BINTANG TENGGARA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi, Rabu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *