Beranda News Jember Manfaatkan Gangguan Mesin ATM, Komplotan Penipu Di Jember Berhasil Kuras...

Manfaatkan Gangguan Mesin ATM, Komplotan Penipu Di Jember Berhasil Kuras Uang Nasabah

151
0
Romiyati, wanita berumur 19 tahun asal kabupaten Wonogiri, Jawa Tegah, Minggu siang mendatangi Polres Jember. (Foto. Supianik)

Radiobintangtenggara.com, JEMBER  – Romiyati, wanita berumur 19 tahun asal Kabupaten Wonogiri, Jawa Tegah, Minggu siang mendatangi Polres Jember.

Ia melapor telah kehilangan uang di ATM miliknya setelah mengikuti instruksi dua orang lelaki yang awalnya dikira membantu saat kartu ATM milinya  tertelan mesin.

Kepada sejumlah media, Romiyati mengaku, awalnya sekitar pukul 11.45 WIB ia mendatangi mesin ATM yang ada di Jalan Basuki Rahmat, Kelurahan Kranjingan, Kecamatan Sumbersari, ia berniat menarik tunai uang yang ada di kartu ATM untuk kebutuhan sehari-hari.

Namun setelah memasukan kartu ke mesin ATM, kartu tersebut tidak bisa terbaca dan tidak dapat dikeluarkan. Lalu dua orang lelaki yang memang berada di tempat kejadian seolah ingin membantu memintanya untuk menekan beberapa tombol pada mesin.

“Sempat dua kali meminta memasukan nomor pin, namun kartu ATM milik Romiyati tak kunjung bisa dikeluarkan,” katanya.

Akhirnya kedua lelaki tersebut pamit ingin pergi ke suatu tempat. Merasa curiga Romiyati lantas mengecek transaksi pada rekeningnya mengunakan Mobile Banking melalui handphone.

Ternyata telah terjadi transfer ke nomor rekening yang tidak ia ketahui sebesar Rp 2 juta dan uang yang tersisa direkening tinggal Rp 70 ribu.

Merasa telah menjadi korban penipuan, wanita yang bekerja di salah satu distributor alat kebutuhan rumah tangga dan berdomisili di Kelurahan Kranjingan ini lantas mendatangi Polres Jember untuk melapor.

Menanggapi hal tersebut, Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo, menghimbau masyarakat agar tidak mudah percaya dengan orang tidak dikenal saat mengambil uang di ATM.

“Jika terjadi masalah hendaknya segera menghubungi call centre resmi bank agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Pihaknya berharap kejadian tersebut bisa menjadi pembelajaran bagi nasabah pengguna Anjungan Tunai Mandiri Sehingga tidak terjadi insiden yang serupa dikemudian hari.

SUPIANIK

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here