Beranda News Situbondo Sambut Pembangunan Tol Pasuruan-Banyuwangi, Bupati Situbondo Siap Gali Seni

Sambut Pembangunan Tol Pasuruan-Banyuwangi, Bupati Situbondo Siap Gali Seni

333
Pengukuhan Dewan Kesenian Daerah di Aula lantai II Pemkab Situbondo (Foto: Zaini Zain)

Radiobintangtenggara.com, SITUBONDO – Bupati Dadang Wigiarto mengukuhkan kepengurusan Dewan Kesenian Daerah (DKS) Situbondo. Pengukuhan pengurus DKS periode 2017 – 2022, dihadiri Ketua DKS Jawa Timur, di Aula lantai II Pemkab Situbondo.

Menurut Bupati Dadang Wigiarto, Dewan Kesenian Daerah harus langsung berkiprah menghidupkan budaya dan kesenian di Situbondo yang sudah hampir punah. Bupati mengaku, DKS harus ikut mempersiapkan rencana Pemkab meluncurkan Pariwisata Situbondo tahun 2020 mendatang.

Baca Juga. Tak Terima di Relokasi, Pedagang Besuki Temui Komisi II DPRD

Dadang menambahkan,  ada waktu dua tahun untuk seluruh seniman menggali seni dan budaya Situbondo. Peluncuran Pariwisata Situbondo 2020 mendatang, untuk menyambut pembangunan jalan tol nasional Pasuruan-Banyuwangi.

Pemkab, kata Dadang, akan membuka tiga pintu keluar jalan tol yaitu du wilayah barat, tengah dan timur. “Salah satu daya tarik yang dipersiapkan di Situbondo yaitu kesenian, wisata dan kuliner,” katanya.

Sementara itu, Ketua Dewan Kesenian Daerah Situbondo, Edy Supriyono, mengatakan, DKS akan jadi rumah besar bagi para seniman Situbondo.

“Sebagai langkah awal, kami akan menggali seni tari tradisional yang akan dijadikan identitas Situbondo,” ujarnya.

Baca Juga.  Kecam Kekerasan di Myanmar, Polres Situbondo Himbau Masyarakat Tetap Bersabar

Menurut Edy Supriyono, untuk menemukan tari khas Situbondo DKS akan melibatkan semua komponen seniman, baik seniman tari, busana dan seniman music. Dengan demikian, tarian khas yang dihasilkan akan bisa diterima semua golongan.

Edy Supriyono menambahkan, kedepan DKS akan menghidupkan kegiatan seni di Situbondo. Salah satunya dengan menyediakan panggung agar para seniman bisa berkreasi.

“Oleh karan itu, melalui panggung tersebut, diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan seniman,” pungkasnya.

ZAINI ZAIN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here