Beranda News Bondowoso Imbas Kekeringan, Lahan Perhutani di Desa Sempol Kecamatan Ijen Terbakar

Imbas Kekeringan, Lahan Perhutani di Desa Sempol Kecamatan Ijen Terbakar

186
1
Ratusan hektar hutan milik perhutani di Desa Sempol Kecamatan Ijen Bondowoso dilalap api. Selasa, (19/09) (Foto. M. Ansori)

Radiobintangtenggara.com, BONDOWOSO – Ratusan hektar hutan milik perhutani di Desa Sempol Kecamatan Ijen Bondowoso dilalap api. Kebakaran terjadi pada sekitar pukul 13.00 WIB dan baru berhasil dipadamkan pada 17.15 WIB.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Bondowoso, Winarto mengatakan musim kemarau seperti kini yang kering dan gersang. Memang memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

“Ratusan lahan yang terkena api hingga menghanguskan tempat penimbunan kayu punya perkebunan itu,” katanya.

Baca Juga. Hingga September 2017, Serapan Gabah Bulog Bondowoso Baru Capai 15 Ribu Ton

Lebih Jauh Winarto menjelaskan, untuk melakukan pemadaman di beberapa titik api, warga Desa Sempol bersama perangkat desa, Polsek Ijen, Koramil serta BPBD Bondowoso memadamkan  dengan menggunakan alat seadanya.

Winarto menambahkan, kebakaran hutan dan lahan di Desa Sempol juga mengakibatkan pencemaran udara Mengingat saat kejadian munculnya kabut asap pekat serta jelaga yang berterbangan.

“Agar tidak menimbulkan ganggungan kesaehatan, pihak rumah sakit dan BPBD telah membagikan masker kepada warga sekitar lokasi terdampak,” ujarnya.

MUHAMMAD ANSORI

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY