Beranda News Banyuwangi Masyrakat Pesanggaran Gelar Ritual Petik Laut Pancer

Masyrakat Pesanggaran Gelar Ritual Petik Laut Pancer

219
0
Festival Petik Laut Pancer yang diadakan di Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran Banyuwangi. Sabtu, (23/09) (Foto. Repro)

Radiobintangtenggara,com, PESANGGARAN – Ribuan masyarakat Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran kembali menggelar ritual Petik Laut, dengan melarung sesaji ke tengah laut. Sabtu, (23/9).

Turut hadir dalam kegiatan itu Wakil Bupati Banyuwangi, Yusuf Widiyatmoko yang ikut dalam ritual. Petik laut adalah ritual larung sesaji ke tengah laut.

Baca Juga. Cegah Peredaran Semakin Masif, Polres Banyuwangi Gelar Seminar Anti Narkoba

Ritual tersebut digelar setiap satu tahun tepatnya tiap satu Syura atau satu Muharam kelender Islam. Kegiatan itu digelar sebagai bentuk wujud syukur masyarakat kepada Tuhan YME atas rezeki yang melimpah.

Juga sarana berdoa agar diberikan keselamatan saat mereka beraktifitas dilaut. Ritual ini, telah dilakukan sejak empat puluh satu tahun yang lalu, yang dilakukan mulai dari para sesepuh hingga warga Pancer yang bekerja sebagai nelayan.

Wakil Bupati Banyuwangi, Yusuf Widiatmoko mengapreasi semangat warga yang masih melestarikan adat trasional itu. Menurut Yusuf, masyarakat Pancer itu hebat, dengan swadaya sendiri bisa mengemas ritual.

“Hal ini menjadi sebuah even yang bisa menarik masyarakar lain untuk datang ke sini,” katanya.

Baca Juga. Ribuan Anak Yatim Doakan Warga Rohingya di Myanmar

Yusuf menambahkan, Kalau sudah menjadi even tahunan agenda Banyuwangi Festival. Petik laut Pancer bisa dilaksanakan lebih kreatif. Ia menilai dalam ritual itu tampak sakralitas yang ditunjukan warga Pancer.

HERMAWAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here