Beranda News Jember Putra Mantan Bupati Jember Terancam Di Sidang In Absentia

Putra Mantan Bupati Jember Terancam Di Sidang In Absentia

90
1
Kepala Kejaksaan Negeri Jember, Ponco Hartanto saat ditemui awak media terkait setatus putra mantan bupati Jember yang terlibat kasusu Korupsi dana Askab Jember. (Foto. Supianik)

Radiobintangtenggara.com, JEMBER – Sidang in absentia (sidang yang dilakukan tanpa kehadiran terdakwa) akan segera dilakukan Kejaksaan Negeri (Kejari) Jember terhadap P-P, tersangka kasus dugaan Korupsi Dana Askab PSSI kabupaten Jember yang hingga saat ini masih buron.

Seperti yang disampaikan Kepala Kejaksaan Negeri Jember, Ponco Hartanto. Menurutnya, jika sampai batas waktu yang diberikan yakni pada  Oktober 2017 yang tinggal beberapa hari ini, tersangka tetap tidak mau menyerahkan diri secara baik-baik.

“Kami akan melimpahkan kasusnya ke Pengadilan dan segera akan dilakuakn Sidang in absentia,” katanya.

Baca Juga. Lakukan Aksi Penipuan, Dua Ibu Rumah Tangga di Jember Ditahan

Ponco mengakui dalam penanganan perkara korupsi saat ini, banyak tersangkanya yang berusaha menghindar bahkan melarikan diri, sehingga turunlah Surat Edaran dari Mahkamah Agung yang memperkenankan melakukan Sidang tanpa kehadiran terdakwa.

Syarat untuk melakukan sidang in absentia terhadap putra mantan Bupati Jember ini juga sudah terpenuhi karna sudah dilakukan pemeriksaan dan proses penyidikan sesuai yang diatur dalam Undang-Undang.

Sidang tanpa hadirnya terdakwa ini, dijelaskan Ponco, tentu saja akan sangat merugikan terdakwa, karna yang bersangkutan tidak akan bisa melakukan pembelaan dan banding.

Baca Juga. Viko Bunuh Andi Karena Kesal Cintanya Ditolak

Selain itu tuntutan dan vonis yang dijatuhkan dipastikan  akan diberikan secara maksimal. “Pasalnya terdakwa sudah dianggap tidak menghormati hukum  dengan bersikap tidak kooperatif,” ujarnya.

Setelah muncul vonis dalam sidang In absensia, maka status terdakwa sudah menjadi terpidana. Sehingga jika sewaktu-waktu ditemukan akan langsung ditahan untuk menjalani hukuman sesuai putusan pengadilan yang sudah bersifat inkrah.

SUPIANIK

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here