Beranda News Banyuwangi Tanggap Letusan Gunung Agung, Otoritas Pelabuhan Gilimanuk Dirikan Posko Siaga

Tanggap Letusan Gunung Agung, Otoritas Pelabuhan Gilimanuk Dirikan Posko Siaga

194
3
Asap mengepul dari kawah Gunung Agung dilihat dari Desa Amed Kabupaten Karangasem Bali. (Foto. Repro)

Radiobintanggara.com, BANYUWANGI – Otoritas Pelabuhan Gilimanuk Bali teah mendirikan posko siaga letusan Gunung Agung. Posko siaga itu didirikan untuk mengantisipasi adanya eksodus warga ke Pulau jawa melalui pelabuhan Gilimanuk jika Gunung Agung di Kabupaten Karangasem Bali erupsi.

Manager Usaha PT ASDP Gilimanuk Bali Heru Wahyono mengatakan,  lonjakan penumpang  dari warga Bali menuju Pulau Jawa bisa saja terjadi saat Gunung Agung erupsi. Untuk itu kata Heru, seluruh nahkoda dan kapal yang berada di Pelabuhan Gilimanuk telah disiagakan.

Tujuanya, untuk menyebrangkan pengungsi  letusan Gunung Agung dengan cepat dan aman. Selain PT ASDP yang siap untuk menyebrangkan warga ke Pulau Jawa. Tim SAR Gabungan kata dia, juga sudah siap untuk membantu eksodus warga dari Bali ke Jawa jika letugas Gunung Agung terjadi.

Baca Juga. Arvan Moazamogodarzi Jadi yang Tercepat di Etape Terakhir ITdBI 2017

Sementara itu, Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi Jawa Timur,  juga sudah siap menampung kemungkinan adanya warga Bali yang mengungsi ke Banyuwangi akibat erupsi Gunung Agung.

Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Banyuwangi Eka Muharram mengatakan, pihaknya telah menyiapkan sejumlah  gedung untuk menampung warga Bali yang mengungsi. Diantaranya Geudng Olahraga Tawang Alun Banyuwangi.

“Di gedung ini diperkirkan bisa menampang 1000 lebih orang. Selain gedung,” kata Eka, BPBD Banyuwangi.

Baca Juga. Sopir Mengantuk, Truk Box Terguling di Rogojampi

Juga telah menyiapkan sarana dan prasarana lainya, seperti makanan siap saji, tenda dan beberapa peralatan lainya yang dibutuhkan.

Seperti di ketahui, hingga saat ini Satatus Gunung Agung di Kabupaten Karangasem Bali masih di level awas. Aktivitas kegempaan Gunung Agung  sampai saat ini masih terus menunjukan peningkatan.

HERMAWAN

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here