Beranda News Bondowoso Puluhan Calon Kepala Desa di Bondowoso Ikuti Verifikasi Administrasi

Puluhan Calon Kepala Desa di Bondowoso Ikuti Verifikasi Administrasi

151
0
Asisten I Sekretariat Pemerintah Kabupaten Bondowoso, Agung Trihandono saat menyampaikan sosialisasi aturan Pilkades serentak di Bondowoso. Rabu, (03/10) (Foto. M. Ansori)

Radiobintangtenggara.com, BONDOWOSO – Puluhan calon Kepala Desa telah mengikuti verifikasi administrasi. Seluruhnya merupakan orang-orang yang akan memperebutkan posisi kursi pimpinan di sekitar 20 desa di 10 kecamatan. Verifikasi administrasi diselenggarakan dengan membentuk dua bagian, dilaksanakan 2 hingga 3 Oktober 2017.

20 desa itu akan menggelar Pilkades serentakdi Bondowoso pada 29 November 2017 mendatang. Sementara, calon-calon Kades yang mengikuti verifikasi setiap desa berbeda-beda, ada yang Cakadesnya berjumlah dua, dan ada yang delapan.

Baca Juga. Resmi Ditutup, Festival Muharram Jadi Even Penyaluran Kreativitas

Asisten I Sekretariat Pemerintah Kabupaten Bondowoso, Agung Trihandono, mengatakan, dari seleksi itu ada beberapa hal yang diperiksa. Diantaranya, ijazah minimal SMP, Cakades tidak terlibat tindak pidana yang lebih dari lima tahun, tidak sedang dicabut hak pilihnya.

“Selain itu, cakades harus dipastikan bukan anggota partai atau pengurus parpol, dan tidak boleh memiliki catatan negatif di kepolisian dan lain-lain,” katanya.

Namun, lanjut Agung, dari verifikasi administrasi itu, pihak panitia Pilkades kabupaten hanya bisa melakukan verifikasi administrasi saja, tidak sampai verifikasi faktual. Sehingga jika ada apa-apa dengan ijazah segala macem bukan kewenangan kabupaten.

Baca Juga. Tim Taekwondo Bondowoso Bawa Pulang Lima Medali dari Bandung

Setelah tahap verifikasi itu, puluhan Cakades akan mengikuti tes kesehatan untuk memastikan setiap calon terbebas dari HIV atau AIDS bahkan kepenggunaan Narkoba.

 “Sehingga jika terpilih nanti tidak seperti membeli kucing dalam karung,” ujarnya.

 MUHAMMAD ANSORI

LEAVE A REPLY