Dinkes Lumajang saat menggelar Penyuluhan Bagi Anggota Pondok Kesehatan Desa di Kabupaten Lumajang. (Foto. Repro)

Dinkes Lumajang Gelar Penyuluhan Petugas Pondok Kesehatan Desa di Wilayah Kerjanya

Radiobintangtenggara.com, LUMAJANG – Peningkatan mutu sumber daya manusia dan sarana fasilitas kesehatan sebagai potensi pembangunan bangsa merupakan tanggungjawab bersama pemerintah dan masyarakat. Peningkatan pelayanan kesehatan diwujudkan dengan adanya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Intitusi Kesehatan khususnya Pondok Kesehatan Desa (Ponkesdes).

Oleh karena itu bertempat di Ruang Pertemuan Pisan Agung Dinas Kesehatan   yang dihadiri oleh 75 petugas kesehatan dari 25 Puskesmas se-Kabupaten Lumajang dengan perwakilan 3 orang tiap Puskesmas dilaksanakan kegiatan penyuluhan.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Rosyidah serta pemateri dari Kepala Seksi Promosi Kesehatan Irma Rokhmania,   dan pengelola kegiatan promosi kesehatan, Muh. Abdillah Akbar.

Baca Juga. Satresnarkoba Polres Lumajang, Berhasil Meringkus Bandar Narkotika

Dalam sambutannya Rosyidah mengatakan, Ponkesdes merupakan salah satu fasilitas kesehatan yang tidak hanya melaksanakan kegiatan Kuratif (Pengobatan), tetapi melaksanakan juga kegiatan pengembangan dan pemberdayaan kesehatan masyarakat serta promosi kesehatan yang merupakan fungsinya.

Menurutnya, petugas kesehatan yang di Ponkesdes harus mempunyai wawasan dan persamaan persepsi tentang promosi dan pemberdayaan masyarakat dalam bidang kesehatan.

“Sebagai bentuk upaya untuk memfasilitasi hal ini, kami melaksanakan penyuluhan bagi anggota Ponkesdes di Kabupaten Lumajang,” katanya.

Baca Juga. Gelar Peringatan Hari Santri, Pemkab Lumajang Tekankan Perkuat Kebangsaan

Rosyida menambahkan diharapkan dengan pelaksanaan Capacity Building Petugas Kesehatan Ponkesdes di Kabupaten Lumajang ini, akan muncul inovasi atau pengembangan kegiatan promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat di Bidang Kesehatan.

Terutama melalui petugas kesehatan yang ada di Ponkesdes untuk menuwujudkan Lumajang yang sehat, sejahtera, dan bermartabat. “Hal ini, selaras dengan roadmap Kabupaten Lumajang dalam mendukung suksesnya Program Indonesia Sehat,” ujarnya.

SUPIANIK

About Fareh Hariyanto

Check Also

Ke Banyuwangi, Presiden Jokowi: BLT El Nino Untuk Tingkatkan Daya Beli Masyarakat

BINTANG TENGGARA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi, Rabu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *