Propam Polres awasi operasi zebra guna antisipasi penyimpangan perilaku oknum aparat kepolisian. (Foto. Zaini Zain)

Antisipasi Praktek Pungli, Porpam Situbondo Awasi Operasi Zebra Semeru

Radiobontangtengara.com, SITUBONDO – Propam Polres Situbondo ikut mengawasi pelaksanaan operasi zebra di jalar raya. Propam memantau proses tilang yang dilakukan polisi dilapangan, karena khawatir terjadi praktek pungli alias pungutan liar.

Pemantauan operasi penegakan disiplin berlalulintas, dipimpin langsung Kasi Propan Iptu Nuri. Petugas dilapangan diminta melakukan tilang pengendara yang melanggar ketentu berlalulintas sesuai prosedur.

Polisi menggelar operasi zebra

Menurut Iptu Nuri, Propam tergabung dalam Satgas Bantuan Operasi, untuk mencegah terjadinya praktek pungli yang dilakukan oknum anggota polisi di lapangan.

“Salah satu sasaran pengawasan Propam saat ini yaitu pelaksanaan operasi zebra,” katanya.

Baca Juga. Tertangkap Curi Sepeda Gayung di Situbondo, Pelaku Berdalih Sedang Terlilit Hutan

Sementara itu, selama dua jam operasi zebra di jalan raya Kapongan pagi kemarin, polisi berhasil menilang 41 pengendara. Rinciannya, tidak membawa STNK 33 pengendara, tidak memiliki SIM empat orang pengendara.

Polisi juga mengamankan empat unit sepeda motor karena pengendaranya tak memiliki SIM dan tak bisa menunjukan STNK. “Polres Situbondo akan menggelar operasi tertib lalulintas hingga 14 November mendatang,” ujarnya.

Baca Juga. Kurun Waktu Sepuluh Bulan, Polres Situbondo Tangani 12 Kasus Pemerkosaan

Operasi bersandi zebra itu akan dilakukan setiap hari di lokasi berbeda. Selain melakukan razia, polisi juga melakukan sosialisasi, untuk menumbuhkan kesadaran pengendara akan pentingnya tertib berlalu lintas.

ZAINI ZAIN

About Fareh Hariyanto

Check Also

Dankormar Tinjau Program Ketahanan Pangan di Puslatpurmar 5 Baluran

Radiobintangtenggara.com , Situbondo – Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr. (Han)  …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *