Bupati Jember Faida, didampingi Wakil Bupati, Dandim 0824 Jember, Wakapolres Jember dan jajaran Muspika Jember usai upacara peringatan hari pahlawan. (Foto Supianik)

Peringati Pahlawan di Jember, Bupati, Dandim dan Wakapolres Kompak Beri Definisi Pahlawan Zaman Now

Radiobintangtenggara.com, JEMBER – Ada yang menarik pada peringatan hari Pahlawan di kabupaten Jember kali ini yang mengangkat tema Perkokoh Persatuan Membangun Negeri.

Sejumlah pihak yang hadir turut memaknai arti pahlawan dengan semangat jiwa muda dan menyebut istilah pahlawan saat ini dengan pahlawan jaman now.

Bupati Jember, Faida memberi definisi pahlawan jaman now adalah orang yang melaksanakan tugas sesuai kapasitas, usia dan  perannya.

Jika Pelajar maka  pelajar yang menjalani kehidupannya dengan sungguh-sungguh sebagai pelajar. “Berani  mengambil kesempatan dan mengisi masa depan dengan ikut berperan aktif dalam pembangunan,” katanya.

Baca Juga. Miliki Ambulan Desa, Mentri Hukum dan Ham Sebut Jember Punya Indikator Pelayanan HAM Baik

Menurut Faida, jika seorang ibu maka haruslah ibu yang mampu melakukan tugas sebagai ibu dan istri yang baik, karena majunya sebuah bangsa dimulai dari keluarga yang berjaya.

Sedangkan bagi seorang Pemimpin, haruslah peminpin yang mampu menjalankan kepeminpinanya dengan sungguh-sungguh. Peminpin jaman now adalah pemimpin harus turut serta memerangi korupsi.

Bupati menerangkan, kalau tidak anti korupsi maka bukan pemimpin zaman now. “Kalau tidak peduli pada sesama maka ia juga bukan pemimpin zaman now,” ujarnya.

Baca Juga. Polisi Amankan 2 Ton Lebih Pupuk Bersubsidi yang Dijual Diluar RDKK

Sementara itu Komandan Kodim (Dandim) 0824 Jember Rudianto, memaknai arti pahlawan jaman now sebagai orang yang mampu berbuat yang  terbaik  sesuai bidang pekerjaannya.

Seorang TNI seperti dirinya harus melakukan tugas menjaga kedaulatan NKRI, seorang pelajar harus melaksanakan tugas sebagai pelajar begitupun dengan jenis profesi yang lain.

Menurut Dandim semua orang bisa menjadi pahlawan asal dapat melakukan tugasnya  lebih dari yang lainnya serta berbuat yang bisa menginspirasi orang lain.

Baca Juga. Peringati Hari Pahlawan, PT KAI Gratiskan Tiket Kereta Bagi Veteran

Tak ingin ketinggalan, Wakapolres Jember Kompol Edo Satya Kentriko juga ikut memberikan definisi yang harus dilakukan pahlawan zaman now.

Menurutnya di jaman milenia ini seluruh warga negara wajib mempertahankan dan mengisi kemerdekaan dengan kegiatan positif  dengan membangun kreatifitas yang bisa memberikan sumbangsih nyata bagi bangsa ini.

“Karena Tantangan era globalisasi  menuntut generasi muda mampu mempertahankan nilai-nilai luhur budaya bangsa,” katanya.

SUPIANIK

About Fareh Hariyanto

Check Also

Ke Banyuwangi, Presiden Jokowi: BLT El Nino Untuk Tingkatkan Daya Beli Masyarakat

BINTANG TENGGARA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi, Rabu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *