Beranda News Jember KPUD Jember Pastikan Kaum Disabilitas Mendapat Hak Sama Dalam Pilgub Jatim

KPUD Jember Pastikan Kaum Disabilitas Mendapat Hak Sama Dalam Pilgub Jatim

16
0
Komisioner KPUD Jember Ahmad Hanafi saat dikonfirmasi terkait kesiapan KPUD Jember untuk memfasilitasi penyandang disabilitas. (Foto. Supianik)

Radiobintangtenggara.com, JEMBER – Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur akan dihelat pada 2018 nanti. Ajang pemilihan pemimpin baru Jawa Timur ini tentunya harus dapat diakses oleh setiap orang yang telah memenuhi syarat untuk memilih, terutama bagi kaum disabilitas.  Untuk itu Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jember berkomitmen menggelar Pilgub yang ramah bagi kaum disabilitas.

Ahmad Hanafi, Komisioner KPUD Jember Devisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat  mengatakan, seperti pada pemilu sebelumnya, KPUD Jember sudah memfasilitasi pemilih disabilitas.

“Antara lain untuk pemutakhiran data, KPUD menyediakan kolom khusus bagi kaum disabilitas, agar dapat didata berapa jumlah pemilih disabilitas di Kabupaten Jember,” katanya.

Sedangkan dalam proses pemilihan, lanjut Hanafi, kaum diabilitas akan dipilihkan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang mudah diakses, seperti ditempat yang landai dan tidak bertangga.

Khusus bagi penyandang tuna netra, KPUD Jember juga menyediakan surat suara dengan hurup braile. Dengan demikian kaum disabilitas di Jember dipastikan tetap bisa memberikan hak suara memilih pada Pilgub mendatang.

Lebih lanjut Hanafi menambahkan, bagi penyandang disabilitas yang ingin turut andil dalam panitia pemilihan Adhoc, juga diberikan kesempatan yang sama seperti pada Pemilihan Bupati Jember tahun 2015 lalu.

“Kala itu dimana  petugas KPPS  juga ada yang berasal dari kaum disabilitas,” ujarnya.

SUPIANIK

LEAVE A REPLY