Beranda News Banyuwangi Perpustakaan Desa Jajag Wakili Banyuwangi dalam Lomba Tingkat Provinsi

Perpustakaan Desa Jajag Wakili Banyuwangi dalam Lomba Tingkat Provinsi

141
0
Salas satu siswi SMA yang tengah sibuk membaca disudut perpustakaan, yang masih menjaga semangat literasi yang terus menurun hingga kini. (Foto. Repro)

Radiobintangtenggara.com, Gambiran – Pengelola Perpustakaan Desa Jajag, Kecamatan Gambiran, tengah sibuk berbenah untuk mengikuti lomba perpustakaan tingkat  Jawa Timur.

Perpustakaan Desa Jajag sendiri mewakili Kabupaten Banyuwangi, setelah dua tahun terakhir menjadi jawara di Banyuwangi. Dimana pada 2016 menjadi juara 2 dan pada 2017 menjadi juara 1 tingkat Banyuwangi.

Pustakawan Perpustakaan Desa Jajag, Widayati mengatakan, sesuai jadwal yang diterima pihaknya, lomba perpustakaan tingkat Jawa Timur itu akan digelar pada April mendatang.

Baca Juga. Hendak Berangkat Sekolah, Seorang Siswi Jadi Korban Tabrak Lari

Sebab itu, saat ini pihaknya tengah bersiap-siap untuk menyongsong lomba tersebut. Salah satunya, dengan merehab tata ruang perpustakaan diantaranya perluasan ruang baca dan tata letak rak buku.

“Saat ini kita mulai berbenah, tata ruang perpustakaan akan kita ubah dengan memperluas ruang baca yang kita padu dengan taman serta kolam,” jelasnya.

Saat ini, lanjut dia, koleksi buku di perpustakaan Desa Jajag mencapai 1650 buku. Dengan rincian 750 judul buku. Dimana jumlah buku itu sebagian besar adalah koleksi lama dan buku baru hadiah dari lomba perpustakaan tingkat Kabupaten Banyuwangi.

Baca Juga.  Terima Aspirasi Masyarakat, Pengelola Peternakan di Cluring Siap Tutup

Meski begitu jumlah buku tersebut dirasa masih kurang. Sebab itu, dia menghimbau kepada masyarakat yang memiliki buku bacaan yang tidak terpakai bisa dihibahkan ke Perpustakaan Desa Jajag.

“Agar pembaca krasan atau betah saat berada di perpustakaan dengan koleksi  buku yang bertambah,” ujarnya.

IRUL HAMDANI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here