Beranda News Jember Jangkau Daerah Pelosok, PMI Jember Optimalkan Mobil Unit Donor Darah

Jangkau Daerah Pelosok, PMI Jember Optimalkan Mobil Unit Donor Darah

150
0
Suasana Unit Tranfusi Darah di PMI Jember saat akan bergiat melakukan penerimaan donor darah dari Pendonor. (Foto. Supianik)

Radiobintangtenggara.com, JEMBER – Palang Merah Indonesia (PMI) mengoptimalkan kerja dalam pemenuhan kebutuhan darah, salah satunya dengan kegiatan mobil unit donor darah. Tujuan utamanya yaitu menjangkau para pendonor yang ada di daerah-deaerah yang sulit dijangkau.

Humas PMI Fitria Agustin menjelaskan, Unit Transfusi Darah PMI Jember tahun ini akan mengoptimalkan sistem mobil unit donor darah. Pihaknya akan mendatangi lokasi pendonor secara rutin.

Baca Juga. Sebarkan Ujaran Kebencian, Polres Jember Berhasil Amankan Pelaku

Menurut Agustin, disetiap kecamatan sekali dalam tiga bulan sesuai dengan jadwal rutin donor darah. “Langkah selanjutnya akan dilakukan pendataan untuk daerah-daerah yang belum terjangkau unit transfusi darah,” katanya.

Meskipun demikian, lanjut Agustin, sistem mobil unit donor darah akan tetap disesuaikan dengan kebutuhan darah karena umur darah hanya 30 hari. Pihaknya berharap agar darah yang diberikan tetap dalam kondisi segar.

Agustin menambahkan, selain mobil unit donor darah berbagai cara untuk mendapatkan darah juga dilakukan antara lain menggunakan SMS broadcast dan SMS gateway.

Baca Juga. Rawan Pelanggaran, Panwaslu Jember Minta Masyarakat Aktif Awasi Pemilu

SMS broadcast itu dilakukan dengan memanggil pendonor sesuai golongan darah. “Sedangkan SMS gateaway akan memberikan informasi secara langsung apabila pendonor tiba waktunya untuk mendonor kembali,” ujarnya.

SUPIANIK

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here