Kondisi Banjir di Kecamatan Sumberbaru Kabupaten Jember yang mengakibatkan aksen jalan milik warga tergenang. (Foto. SUPIANIK)

Empat Jam Diguyur Hujan, Enam Wilayah Kecamatan di Jember Banjir

Radiobintangtenggara.com, JEMBER – Tidak hanya mengakibatkan longsor, hujan lebat yang mengguyur wilayah Kabupaten Jember sejak Selasa (23/1) juga mengakibatkan banjir yang merendam ratusan rumah warga yang tersebar di 6 Kecamatan, di Kabupaten Jember.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember, Heru Widagdo mengatakan, enam Kecamatan yang wilyahnya terendam banjir adalah kecamatan Kalisat, Ledokombo, Silo, Tempurejo, Mayang dan Sumberbaru. Banjir yang terjadi adalah banjir genangan  yang terjadi akibat meluapnya debit air sungai.

“Ketinggian air yang merendam rumah-rumah warga  berkisar antara 30 hingga 70 centi meter atau setinggi lutut orang dewasa,” katanya.

Baca Juga. Empat Rumah Warga Kalisat, Luluh Lantak Di Terjang Longsor

Heru Widagdo menerangkan, BPBD Jember telah bergerak ke wilayah-wilayah yang terkena bencana untuk melakukan evakuasi dan pemulihan lokasi bencana.

Lebih lanjut Heru Widagdo menghimbau, masyarakat yang berada di wilayah rawah bencana untuk bisa lebih meningkatkan kewaspadaan. “Jika mengetahui adanya bencana dapat segera lapor kepada kami agar bisa segera melakukan penanganan,” ujarnya.

SUPIANIK

About Fareh Hariyanto

Check Also

Ke Banyuwangi, Presiden Jokowi: BLT El Nino Untuk Tingkatkan Daya Beli Masyarakat

BINTANG TENGGARA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi, Rabu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *