Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo saat ditemui awak media perihal peningkatan angka kriminalitas yang berbanding lurus dengan jumlah kemiskinan. (Foto. Supianik)

Jumlah Kemiskinan Tinggi, Pengaruhi Peningkatan Angka Kriminalitas

Radiobintangtenggara.com, JEMBER – Tingginya Jumlah Kemiskinan Berpengaruh Terhadap Peningkatan angka Kriminalitas. dari tahun ke tahun angka kriminalitas di kabupaten Jember dilaporkan  mengalami kenaikan dengan kisaran angka antara 5 hingga 10 % setiap tahunnya.

Peningkatan angka kemiskinan ini disebut memiliki hubungan erat dengan meningkatnya jumlah kriminalitas yang terjadi disuatu daerah.

Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo menerangkan, naiknya angka kemiskinan menjadi hal yang harus di antisipasi oleh pihak kepolisian, karena berkaitan erat dengan peningkatan angka kriminalitas.

“Keterbatasan lapangan pekerjaan membuat orang rentan melakukan kejahatan dengan alasan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya,” katanya.

Baca Juga. Ambulan Desa Tak ber-STNK, Kepala Dinkes Jember Jalin Koordinasi dengan Polres

Oleh karena itu, lanjut Kusworo, untuk mencegah kejahatan yang terjadi akibat meningkatnya kemiskinan, pihaknya melakukan upaya preventif dengan melakukan sosialisasi. Saat melakukan sosialissai banyak dijelaskan konsekuensi hukum yang akan diterima seseorang ketika ia melakukan  pelanggaran pidana.

Selain itu kepolisian juga melakukan tindakan represif dengan penegakan hukum. Lebih dari itu Polres Jember juga memberikan contoh inovatif yang bisa dilakukan anggota polisi. Seperti yang dilakukan salah satu Babinkamtibmas Polres Jember bernama Bripka Anto.

Ia mengajak pelaku kejahatan yang telah keluar dari penjara untuk berternak kambing. Tujuannya agar pelaku kejahatan tersebut insyaf karena telah memiliki penghasilan tetap dari usaha yang halal.

“Diharapkan tindakan ini dapat menurunkan minat ataupun niat pelaku kejahatan di wilayah kami,” ujarnya.

SUPIANIK

About Fareh Hariyanto

Check Also

Ke Banyuwangi, Presiden Jokowi: BLT El Nino Untuk Tingkatkan Daya Beli Masyarakat

BINTANG TENGGARA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi, Rabu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *