Beranda News Jember Jelang Imlek, Harga Sejumlah Komoditas di Pasar Tanjung Jember Naik

Jelang Imlek, Harga Sejumlah Komoditas di Pasar Tanjung Jember Naik

86
0
Salah satu pedagang di Pasar Tanjung Jember, Maria saat di Konfiurmasi terkait kenaikan harga komoditas jelang Imlek. (Foto. Supianik)

Radiobintangtenggara.com, JEMBER – Empat hari menjelang perayaan Tahun Baru Imlek, sejumlah harga bahan pokok di pasar Induk Kabupaten Jember dilaporkan mulai mengalami kenaikan. Tidak hanya dikeluhkan pembeli, kenaikan harga ini juga banyak dikeluhkan oleh pedagang.

Salah satu pedagang di Pasar Tanjung Jember, Maria, menerangkan, komoditas yang mengalami kenaikan harga cukup signifikan adalah bawang putih, dari harga awal hanya Rp 16 ribu per kg kini naik menjadi Rp 25 ribu per kg.

Baca Juga. Operasi Pasar Beras di Jember Pengaruhi Harga Beras Premium

Sementara komoditas lain yang juga mengalami kenaikan adalah bawang merah, dari harga sebelumnya Rp 15 ribu per kg kini naik menjadi Rp 20 ribu per kg. Tidak hanya bawang putih dan bawang merah saja, kenaikan harga juga terjadi pada komoditas cabai rawit merah.

“Harga cabai yang harga awal sebesar Rp 20 ribu per kg kini naik menjadi Rp 30 ribu per kg,” katanya.

Menurut Maria, penyebab naiknya harga komoditas bumbu dapur ini karena stoknya yang menipis. Faktor cuaca yang dalam beberapa bulan terakhir didominasi oleh curah hujan tinggi mengakibatkan petani disejumlah daerah gagal panen hingga mempengaruhi stok dipasaran.

Akibat harga yang cukup tinggi tersebut, pedagang mengaku tidak berani mengambil stok lebih banyak karena khawatir pembeli berkurang.

SUPIANIK

LEAVE A REPLY