Beranda News Banyuwangi Studi Tiru Program Banyuwangi, Pemkab Tanjung Jabung Barat Kunjungi Bumi Blambangan

Studi Tiru Program Banyuwangi, Pemkab Tanjung Jabung Barat Kunjungi Bumi Blambangan

54
0
Rombongan delegasi Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi yang berkunjung ke Banyuwangi. Senin (19.2) (Foto. Repro)

Radiobintangtenggara.com, BANYUWANGI – Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi, Senin (19/2) pagi berkunjung ke Banyuwangi. Kunjungannya ini dalam rangka belajar tentang Kampung Pancasila yang dimiliki Kabupaten Banyuwangi.

Kabupaten Tanjung Jabung Barat punya rencana untuk membentuk Kampung Pancasila. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Raden Aziz Muslim saat ditemui Sekretaris Dinas Bakesbangpol Kabupaten Banyuwangi, Sugiyo Dermawan di Kantor Pemkab Banyuwangi.

“Kami punya  potensi  berupa daerah yang beragam baik dari sisi agama maupun etnis, tapi punya komitmen yang kuat untuk menjaga kerukunan dan keharmonisan satu sama lain,” kata  Kepala Dinas Kesbangpol Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Raden Aziz Muslim.

Azis menambahkan, pihaknya ingin men-support agar daerah tersebut bisa tumbuh dan berkembang dengan baik,  dan menjadi contoh bagi daerah lainnya. Aziz mengaku, pihaknya juga searching melalui internet dan mendapatkan informasi bahwa  Banyuwangi punya Kampung Pancasila.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Bakesbangpol Kabupaten Banyuwangi, Sugiyo Dermawan mengatakan, di Banyuwangi ada Kampung Pancasila, yakni lokasinya di Desa Gumirih, Kecamatan Singojuruh.

“Desa ini tak seberagam Desa Tebing Tinggi di Tanjung Jabung Barat dari sisi agama, tapi kerukunan di kampung ini layak diacungi jempol,” ujar Sugiyo.

Menurut Sugiyo dibentuknya Kampung Pancasila ini, imbuh Sugiyo, muncul dari inisiatif masyarakat Desa Gumirih sendiri yang memang sejak lama guyub satu sama lain.

Usai kunjungannya ke Kantor Pemkab Banyuwangi, rombongan Tanjung Jabung Barat ini langsung berkunjung ke lokasi Kampung Pancasila di Desa Gumirih, Singojuruh.

“Tujuannya ini guna melihat dari dekat bagaimana masyarakat desa tersebut bisa memberikan contoh yang baik bagi daerah lainnya,” pungkasnya.

RENDRA PRASETYO

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here