Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas saa menyampaikan tahun 2018 Pemkab Banyuwangi telah mengusulkan formasi 750 CPNS. (Foto. Repro)

500 PNS Pensiun, Pemkab Banyuwangi Usulkan Pengadaan CPNS

Radiobintangtenggara.com, BANYUWANGI – Tahun 2018 ini Pemkab Banyuwangi mengajukan usulan pengadaan pegawai negeri sipil (PNS) kepada pemerintah pusat. Pengajuan ini mengakomodir kebutuhan tenaga di lingkungan pemkab Banyuwangi yang terus berkurang karena pensiun.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan tahun 2018 ini Pemkab Banyuwangi telah mengusulkan formasi 750 CPNS baru ke Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Usulan tersebut saat ini tengah diproses oleh pemerintah pusat bersama daerah lain yang juga tengah mengusulkan.

“Suratnya sudah kami kirim akhir Januari 2018 lalu. Semoga usulan Banyuwangi ini mendapat persetujuan dari Kemenpan,” katanya.

Dijelaskan Anas, pengajuan itu sesuai dengan kebutuhan pemkab, dimana setiap tahun ratusan PNS pensiun. Tahun 2017 ada 554 PNS pensiun, sedangkan tahun ini tercatat ada 504 PNS yang akan pensiun pada 2018.

Menurut Anas formasi yang diajukan pada tahun ini adalah dari kalangan tenaga pendidikan, kesehatan dan fungsional umum. Dari ketiga bidang ini, yang paling banyak formasi yang diajukan adalah guru, khususnya sekolah dasar.

Hal itu dikarenakan yang paling banyak pensiun guru SD. Sedangkan di bidang kesehatan, yang dibutuhkan tenaga dokter umum, dokter spesialis, dan perawat.

“Pemkab tidak hanya membutuhkan lulusan sarjana, namun juga lulusan sekolah vokasi, mulai lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) hingga lulusan diploma,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Banyuwangi, Sih Wahyudi, menambahkan, usulan formasi CPNS ini telah diajukan pada 30 Januari 2018 lalu.

Menurut Wahyudi, jika disetujui, maka pihaknya akan membuka untuk rekrutmen 2018. Biasanya, untuk penerimaan CPNS pada akhir triwulan empat. Mudah-mudahan yang kita usulkan ini lolos dan disetujui pusat

Untuk diketahui,  jumlah personel PNS yang ada di Banyuwangi sendiri sampai dengan per 12 Februari 2018. “Jumlahnya tinggal 10.856 personel. Yang terbagi atas 6.384 PNS adalah guru dan 4.472 adalah non guru,” pungkasnya.

RENDRA PRASETYO

About Fareh Hariyanto

Check Also

Ke Banyuwangi, Presiden Jokowi: BLT El Nino Untuk Tingkatkan Daya Beli Masyarakat

BINTANG TENGGARA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi, Rabu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *