Peserta Festival Tari Mahasiswa Nasional (Variasi) menjadi ajang yang ditunggu-tunggu oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni di seluruh Indonesia. (Foto. Supianik)

Kabupaten Jember Jadi Tuan Rumah Festival Tari Nasional

Radiobintangtenggara.com, JEMBER – Festival Tari Mahasiswa Nasional (Variasi) menjadi ajang yang ditunggu-tunggu oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni di seluruh Indonesia.

Tahun ini merupakan tahun ke empat gelaran variasi dan merupakan yang pertama digelar di Pulau Jawa. Universitas Jember terpilih dan berkesempatan menjadi tuan rumah dari gelaran nasional yang berlangsung selama sepekan dan dimulai sejak Senin (26/02/2018) hingga Minggu (04/03/2018).

Dengan mengusung tema acara Jiwaning Seni Budaya Ing Nuswantara, Variasi ke-4 di Jember diikuti oleh 12 kontingen yang berasal dari berbagai daerah.

Ketua Panitia Variasi 4 Jember, Bagus Setio Nugroho ditemui di Gedung Sutardjo Unej pada Senin pagi, menyampaikan pihaknya sudah mempersiapkan gelaran nasional tersebut sejak 2 tahun lalu.

“Diharapkan dengan persiapan itu ina dapat menjadikan pagelaran menjadi siap dalam berbagai aspek,” katanya.

Bagus menambahkan Jember merupakan lokasi Variasi ke-4 setelah sebelumnya kegiatan serupa berlangsung di Makassar, Padang dan Palembang.

Pihaknya juga mengaku telah mendatangkan juri yang berasal dari Bali, Lumajang dan Solo. Kriteria penilaian peserta Variasi 4 Jember yakni pemilihan musik, koreografi dan artistik.

Mahasiswa fakultas hukum Unej tersebut berharap selain menjadi festival tahunan, Variasi dapat mempererat tali silaturahmi antar UKM Seni dari berbagai universitas di seluruh Indonesia.

Ditemui dilokasi yang sama, salah satu penari asal Universitas Negeri Makassar, Aprilia Cindi mengaku senang dan sangat menikmati setiap agenda kegiatan Variasi 4 Jember.

Dia dan kelompok kontingen asal provinsi Sulawesi Selatan tersebut akan menyuguhkan tarian Pakarena Anida pada puncak festival yang berlangsung esok hari.

“Semoga dengan diselenggarakannya acara ini dapat menggugah kembali semangat cinta budaya bagi anak negeri,” ujarnya.

SUPIANIK

About Fareh Hariyanto

Check Also

Ke Banyuwangi, Presiden Jokowi: BLT El Nino Untuk Tingkatkan Daya Beli Masyarakat

BINTANG TENGGARA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi, Rabu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *