Beranda News Jember Tidak Hanya Warga Jember, Program Operasi Katarak Pemkab Jember Berbagai Kalangan

Tidak Hanya Warga Jember, Program Operasi Katarak Pemkab Jember Berbagai Kalangan

76
0
Bupati Jember Faida mendatangi Rumah Sakit Bina Sehat Jember dalam rangka meninjau program Bakti Sosial Pemeriksaan Mata, Pemberian Kacamata dan Operasi Katarak. (Foto. Supianik)

Radiobintangtenggara.com, JEMBER – Bupati Jember Faida pada mendatangi Rumah Sakit Bina Sehat Jember dalam rangka meninjau program Bakti Sosial Pemeriksaan Mata, Pemberian Kacamata dan Operasi Katarak. Rabu (28/02).

Kegiatan tersebut adalah tindak lanjut dari screening katarak beberapa waktu lalu dengan langsung mendatangkan dokter spesialis mata di kecamatan/desa setempat.

Ditemui dalam kegiatan tersebut, Bupati Jember menerangkan, bakti sosial ini merupakan sinergi antara Pemkab Jember bersama Rumah Sakit Bina Sehat dan John Fawcett Foundation (JFF) untuk menyembuhkan dan menuntaskan kasus katarak di Jember.

Baca Juga. Ratusan Santri Madinatul Ulum Jenggawah Alami Sakit Pasca Imunisasi Difteri

Faida menerangkan telah disiapkan sebanyak 2.000 kacamata bagi peserta yang tidak memerlukan tindakan operasi, yang ukurannya akan disesuaikan dengan kebutuhan pasien.

“Kacamata ini ini merupakan bentuk perhatian Pemkab terhadap masyrakat,” katanya.

Sementara untuk peserta operasi katarak yang terdaftar jumlahnya sebanyak  400 pasien. 100 pasien akan menjalani operasi per hari.

Selain pemberian kacamata dan operasi katarak, lanjut Faida, baksos yang berlangsung selama 4 hari tersebut juga melayani pemasangan bola mata palsu kepada sekitar 20 pasien.

Baca Juga. Tekan Tingginya AKI dan AKB, Pemkab Jember Gandeng IBI Dan IDI

Dia menuturkan, dari ratusan peserta yang hadir, terdapat juga beberapa pasien yang datang dari luar kota  Jember hingga luar provinsi Jawa Timur.

Menanggapi hal itu, Faida menyambut baik tamu jauhnya dengan mengubah fungsi aula diklat RS menjadi ruang penampungan sementara hingga pasien dijadwalkan operasi.

Lebih lanjut Dia menyampaikan bahwa sumber dana kegiatan Baksos tersebut bukan dari APBD. “Kegiatan ini  murni bentuk sinergi antara Rumas Sakit Bina Sehat Jember dan yayasan sosial JFF,” pungkasnya.

SUPIANIK

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here