Bupati Jember Faida saat menerima kunjungan DPRD Boven Digoel Papua di Pendopo Kabupaten Jember. Kamis, (0203. (Foto. Supianik)

Berkunjung ke Jember, Anggota DPRD Boven Digoel Papua Intip Potensi Kopi dan Kakao

Radiobintangtenggara.com, JEMBER – Pemkab Jember kedatangan rombongan anggota DPRD Kabupaten Boven Digoel Provinsi Papua. Rombongan terdiri dari Ketua DPRD Kabupaten Boven Digoel, Ketua Komisi B, Anggota komisi C, beserta staf.  Kamis (01/03).

Bupati Jember beserta Sekretaris Kabupaten, Kepala Dinas Pertanian dan OPD terkait, menyambut baik kedatangan rombongan di Pendopo Wahyawibawagraha.

Kedatangan rombongan tersebut bermaksud untuk melakukan studi banding dalam hal penataan dan pengelolaan pertanian.

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Kabupaten Boven Digoel, Ayub Santi  menyampaikan bahwa kedatangannya ke Jember untuk melihat dan mempelajari potensi hasil perkebunan Kabupaten Jember khususnya komoditas kopi dan kakao.

Diakui Ayub bahwa tanaman kopi dan kakao didaerahnya sudah dibudidayakan oleh masyarakat yang ada di Papua. Hanya saja masih belum maksimal.

Oleh karena itu keberhasilan pengelolaan hingga pemasaran kopi dan kakao di Jember akan  dijadikan sebagai percontohan bagi masyarakat Boven Digoel.

“Sehingga produksi kopi dan kakao didaerah kami dapat lebih berdaya jual tinggi,” katanya.

Ayub Santi mengakui jika daerahnya memiliki area yg cukup luas dan keadaan iklim yang menyerupai Kabupaten Jember. Oleh sebab itu pihaknya berharap, kunjungannya ke Jember dapat mengejar kesuksesan proses pengelolaan kopi dan kakao seperti di Jember.

Sementara itu, Bupati Jember Faida meminta rombongan DPRD Kabupaten Boven Digoel menikmati setiap momen kunjungannya di Jember. Selain meninjau pengelolaan hasil perkebunan, Bupati ingin rombongan mengetahui proses hulu hingga hilir mulai dari pemilihan bibit hingga produk hasil dari komoditas kopi dan kakao.

“Selain kunjungan dari anggota DPRD Kabupaten Boven Digoel, kami juga mengagendakan menerima kunjungan dari Pemkab Kupang,” ujarnya.

Faida menilai semakin banyak kunjungan ke Jember, akan membuka jaringan sehingga distribusi produk lokal Jember nantinya juga dapat juga semakin menyebar.

Sebelum meninggalkan Aula Pendopo, Bupati Faida dan rombongan DPRD Kabupaten Boven Digoel saling bertukar cinderamata.

Bupati Jember juga memberikan buah tangan sambil memperkenalkan beberapa hasil pertanian dan perkebunan jember seperti edamame, kopi, dan coklat asal Jember.

Tidak ketinggalan, dalam bingkisan buah tangan tersebut terdapat makanan khas jember yaitu suwar suwir, serta batik khas Jember.

SUPIANIK

About Fareh Hariyanto

Check Also

Ke Banyuwangi, Presiden Jokowi: BLT El Nino Untuk Tingkatkan Daya Beli Masyarakat

BINTANG TENGGARA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi, Rabu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *