Empat Pejabat Kepala Dinas di Banyuwangi saat dilantik Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas di Ruang Rapat Rempeg Jogopati. Senin (12/03)

Empat Kepala Dinas di Lingkup Pemkab Banyuwangi Resmi di Lantik Bupati

Radiobintangtenggara.com, BANYUWANGI – Empat pejabat kepala dinas di Banyuwangi sudah tidak lagi menjadi Plt (pelaksana tugas). Ini setelah Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas melantik mereka di Ruang Rapat Rempeg Rogopati. Senin (12/3).

Pejabat tersebut adalah Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) yang diisi oleh MY Bramuda, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Diskop-UM) Alief Rahman Kartiono, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Nafiul Huda dan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Edi Supriyono.

Menurut Anas, pelantikan empat pejabat ini sudah melakukan assesmen yang melibatkan Badan Kepegawaian Negara. Selain itu, lanjut Anas, para pejabat ini juga sudah teruji kinerjanya, dan telah dinilai publik.

“Mereka sudah bertahun-tahun Plt, jadi mereka sudah tahu apa yang harus dikerjakan,” katanya.

Lebih lanjut, Anas menjelaskan jika penetapan itu membuat Kadis yang bersangkutan tidak harus belajar jadi awal. Hal tersebut merupakan salah satu strategi kami untuk menguji keandalan para pejabat.

Kepada kepala dinas, Anas menginstruksikan untuk sering turun ke lapangan mendengar masukan dari berbagai pihak. Bahkan, Anas mematok separuh dari waktu kerjanya dihabiskan untuk memantau langsung ke berbagai lokasi di sektor lingkupnya.

“Misalnya, dijadwalkan setiap jam 11 setelah pelayanan publik selesai,  bisa langsung turun,” ujarnya.

Hal tersebut penting dilakukan agar kepala dinas bisa langsung mengindentifikasi dan mengeksekusi dengan cepat berbagai permasalahan yang muncul.

Sehingga jika ada masalah bisa cepat ditangani karena kepala dinasnya bisa segera mengambil keputusan. Beda kasusnya, kalau kepala dinas hanya menunggu laporan dari bawahan.

“Hal ini mengakibatkan prosesnya akan semakain lama,” katanya.

Anas berharap, setelah dilantik sebagai kepala dinas definitif, empat kepala dinas itu semakin kreatif menciptakan inovasi. Sehingga sinergi dan koordinasi bersama seluruh stafnya semakin baik.

WIDHI NURMAHMUDY

About Fareh Hariyanto

Check Also

KAI Daop 9 Jember ‘Jangan Berada di Jalur kereta api, Berbahaya!’

BINTANG TENGGARA – Pada pukul 03.40 WIB masinis kereta api Wijayakusuma relasi Cilacap – Jember …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *