Beranda News Banyuwangi Gelar Festival Imlek, Pemkab Banyuwangi Adakan Kirab Budaya

Gelar Festival Imlek, Pemkab Banyuwangi Adakan Kirab Budaya

26
0
Penampilan Kirab Budaya Tionghoa pada Perhelakan Tahun Lalu. (Foto. Repro)

Radiobintangtenggara.com,  BANYUWANGI – Akhir pekan, Banyuwangi akan menggelar kirab budaya Tionghoa. Kirab Budaya Tionghoa akan dimeriahkan oleh 19 kelenteng Hoo Tong Bio se- Jawa, Bali dan Lombok dan ribuan warga keturunan Tionghoa.

Kirab budaya yang dibalut dalam Festival Imlek akan digelar pada Sabtu (17/3/2018) pukul 13.00 yang diawali dari Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kelenteng Hoo Tong Bio.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan Festival Imlek termasuk sebagai rangkaian agenda wisata Banywuangi Festival. Anas mengaku pihaknya terus berkomitmen untuk mengangkat tradisi dan kebudayaan yang hidup di Banyuwangi.

“Kirab budaya Tionghoa ini wujud komitmen kami untuk mengakomodir semua tradisi yang ada di masyarakat,” kata Bupati Anas.

Dikatakan Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Banyuwangi Djuang Pribadi, festival ini digelar bertepatan dengan peringatan ke-234 Hari Kebesaran Yang Mulia Kongco Tan Hu Cin Jin.

“Ini pastinya menarik, bagaimana budaya Tionghoa akan berpadu dengan budaya Banyuwangi,” pungkas Anas.

Berdasarkan data Panitia pelaksana kirab budaya Tionghoa, rute yang akan dilewati kirab budaya Tionghoa adalah dari klenteng Hoo Tong Bio di Jalan Ikan Gurami.

Selanjutnya peserta akan melewati Jalan RA. Katini, Jalan Nusantara, Pendopo Kabupaten, dari pendopo menuju masuk Jalan PB. Sudirman, lalu ke Jalan Wahid Hasyim, kemudian ke Jalan Pierre Tendean dan kembali finish di di klenteng Hoo Tong Bio.

WIDHI NURMAHMUDY

LEAVE A REPLY