Gubernur Bali Bantu 2 Lansia yang memiliki keterbatasan Fisik. (Foto. Repro)

Gubernur Bali Bantu 2 Lansia Keterbelakangan Fisik

Radiobintangtenggara.com, BALI – Gubernur Bali Made Mangku Pastika memberi respon cepat terkait pemberitaan media massa tentang keberadaan Nyoman Yasa dan adiknya yang bernama Ni Ketut Tapa.

Kedua lansia asal Banjar Peninjoan, Desa Peninjoan, Tembuku, Bangli ini mengalami keterbatasan fisik sejak lahir sehingga membutuhkan uluran tangan dari orang lain.

Senin (19/3) pagi, Gubernur Pastika mengutus tim respon cepat Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Bali ke Kabupaten Bangli untuk meninjau sekaligus menyerahkan bantuan untuk Nyoman Yasa dan adiknya Ni Ketut Tapa.

Usai melaksanakan apel disiplin di Kantor Gubernur Bali, tim respon cepat berangkat ke kantor Perbekel Desa Peninjoan untuk berkoordinasi dengan aparat desa setempat tentang keberaadaan kedua lansia tersebut.

Setelah berkoordinasi, tim pun diantar oleh Perbekel Desa Peninjoan I Dewa Nyoman Tagel PA menuju tempat tinggal Nyoman Yasa dan Ketut Tapa.

Diceritakan, untuk bisa memenuhi kebutuhan sehari-harinya walaupun dengan kondisi keterbatasan fisik, Nyoman Yasa bersama adiknya Ni Ketut Tapa tetap semangat dan berusaha dengan gigih bekerja membuat anyaman bambu seperti bakul dan guwungan (kandang ayam).

Dengan pekerjaan tersebut, keduanya bisa menghasilkan kira kira 40 ribu rupiah per hari, meski penghasilan mereka sesungguhnya tak menentu.

Mengingat usianya yang sudah lanjut, Nyoman Yasa tidak mampu berbuat banyak, sehingga hasil anyaman bambu yang dibuatnya setiap hari tidak lagi menentu dan harus mengandalkan belas kasihan dari donaturĀ  untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari.

Perbekel Desa Peninjaoan, Dewa Nyoman Tagel mengatakan, sesungguhnya Nyoman Yasa sudah memperoleh berbagai bantuan baik itu bantuan pemerintah pusat seperti bantuan KIS (Kartu Indonesia Sehat), bantuan dari Donatur, Yayasan dan juga bantuan dari Pemerintah Daerah melalui Dinas Sosial.

Namun, Dewa Nyoman Tagel sangat mengapresiasi bantuan yang diberikan tim respon cepat dan secara khusus mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Bali Made Mangku Pastika yang telah memberikan perhatian khusus kepada salah satu warganya yang membutuhkan.

Ia berharap agar pemerintah terus memperhatikan warga lainnya yang kurang mampu, dan program-program Pemerintah Provinsi Bali yang menurutnya sangat bagus dalam pengentasan kemiskinan bisa terus dilanjutkan.

MUHAJIR

About Fareh Hariyanto

Check Also

Dishub Bali Bantu Pengamanan Nataru

Radiobintangtenggara.com, BALI – Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bali IGW Samsi Gunarta melalui Pemerintah Provinsi Bali …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *