Suasana disalah satu Stasiun wilayah kerja PT KAI Daops IX Jember. (Foto. Supianik)

Selama Angkutan Lebaran 2018 PT KAI Daops 9 Jember Sediakan 7.494 Tiket

Radiobintangtenggara.com, JEMBER – Sebanyak 7.494 tiket kereta api  per harinya disediakan PT Kereta Api Indonesia  (KAI) Daerah Operasi (Daops) 9 Jember untuk melayani masyarakat selama masa Angkutan Lebaran 2018.

Jumlah tersebut terdiri dari 3.678 tiket untuk kereta api jarak menengah dan jarak jauh, serta 3.816 tiket perjalanan kereta api lokal.

Jumlah tiket tersebut dari 7 keberangkatan kereta api jarak menengah dan jarak jauh,  serta 4 perjalanan kereta api lokal yang beroperasi di daops 9.

Manager Humas PT KAI Daops 9 Jember, Lukman Arif menerangkan, masa angkutan Lebaran 2018 berlangsung selama 22 hari dimulai pada Selasa, 5 Juni 2018 atau H-10 sampai dengan 26 Juni 2018 (H+10).

“Untuk jumlah penumpang selama masa angkutanLebaran 2018 diperkirakan sebanyak 200.352 penumpang atau naik sebesar 6% dibanding masa angkutan lebaran tahun 2017 yang berjumlah 189.873”. Ujar Lukman Arif.

Sedangkan untuk  puncak arus mudik pada Lebaran 2018, nanti, diperkirakan akan terjadi pada Rabu, 13 Juni 2018 (H-2). Dan puncak arus balik diperkirakan terjadi pada Minggu, 17 Juni 2018 (H+1).

Meskipun masa angkutan lebaran akan jatuh 3 bulan lagi, namun pemesanan tiket kereta api untuk angkutan lebaran sudah bisa dilayani di H-90 atau sejak tanggal 7 Maret hingga 24 Maret 2018 ini.

Menurut Lukman, pemesanan tiket bisa dilakukan selama 24 jam melalui aplikasi online seperti KAI Access, website kai.id, Contact Center 121 dan juga di gerai minimarket dan jaringan website dan mobile apps yang dikelola mitra yang telah bekerja sama dengan PT KAI.

Sedangkan untuk pemesanan di loket reservasi stasiun dibuka setiap harinya mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB.

Keuntungan lain jika penumpang melakukan pemesanan melalui KAI Access, adalah fasilitas khusus E-Boarding yang tidak ada di chanel lainnya.

E- Boarding memudahkan penumpang untuk proses boarding di stasiun karena tidak perlu lagi mencetak tiket boarding pass. Penumpang cukup menunjukkan e-boarding pada layar smartphone kepada petugas boarding yang kemudian akan discan dan akan muncul di layar komputer.

Mereka cukup memperlihatkan identitasnya tanpa harus mencetak lagi tiket boarding pass.

“tingginya animo masyarakat yang hendak menggunakan jasa layanan kereta api untuk angkutan lebaran 2018 nanti”. Kata Lukman.

Hingga saat ini untuk penjualan tiket kereta api untuk keberangkatan H-3 hingga hari H sudah terjual diangka 50 hingga 60 persen.

Sebagai antisipasi terus meningkatnya animo masyarakat ini, rencananya PT KAI Daops 9 juga akan memberikan tambahan 1 gerbong kereta ekonomi pada rangkaian kereta api Mutiara Timur dengan kapasaitas 106 tempat duduk yang akan dioperasikan mulai H-10 hingga H-10.

SUPIANIK

About Fareh Hariyanto

Check Also

Pelanggan yang mengambil Voucher untuk peringatan Hari Pahlawan. (Foto. Fareh Hariyanto)

KAI Tambah Daftar Profesi untuk Dapat Naik Kereta Api Gratis di Momen Hari Pahlawan

Radiobontangtenggara.com, JEMBER – PT Kereta Api Indonesia (Persero) menambah daftar profesi yang berhak mendapatkan voucher …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *