Pantauan Citra satelit NOAA pada Rabu 21 Maret 2018 Pukul 04.55 yang menampilkan pergerakan Siklon Markus. (Foto. Repro BMKG)

Cuaca Ekstrim, Masyarakat Perlu Waspadai Siklon Makus dari Australia

Radiobintangtenggara.com, BANYUWANGI – Cuaca ekstrim yang melanda banyuwangi tampaknya perlu menjadi atensi bagi seluruh warganya. Hal itu diungkapkan Ibnu Haryo Prakirawan Stasiun BMKG Meteorologi Klas III Banyuwangi.

Pihaknya menyampaikan jika selama tiga hari kedepan warga Banyuwangi perlu mewaspadai imbas Pergerakan Tropical Cyclone Marcus atau siklon tropis markus di Australia yang saat ini berada di Samudra Hindia sebelah selatan NTB.

“Bahkan, Siklon ini terus bergerak cenderung ke arah barat hingga barat laut. Kondisi tersebut sesuai dengan data yang dikeluarkan oleh Badan meteorologi Australia pada Selasa (20/3) pukul 09.51 WIB,” katanya saat dihubungi Radiobintangtenggara.com

Menurut Ibnu siklon tropis markus itu berdampak terhadap wilayah Banyuwangi yang paling dominan adalah potensi angin kencang dan gelombang tinggi. Hal itu terjadi terutama di perairan selatan Banyuwangi.

Dikatakan IBNU, pengaruh siklon ke suatu daerah, tidak selalu mengakibatkan hujan atau panas. Namun akan tergantung oleh posisi dari siklon itu sendiri.

“Mengingat penyebab terjadinya siklon, secara umum biasanya dipengaruhi oleh suhu muka laut yang cukup tinggi yaitu di atas 26 derajat Celcius,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Ibnu, siklon juga dipengaruhi oleh massa uap air, dan pengaruh angin yang terbentur arus siklonal. Sehingga berimbas pada cuaca ekstrim yang terjadi beberapa wilayah Banyuwangi.

“Oleh karena itu masyarakat perlu juga mewaspadai potensi angin kencang terutama diwilayah pesisir selatan,” pungkasnya.
FAREH YUSUF

About Fareh Hariyanto

Check Also

KAI Daop 9 Jember ‘Jangan Berada di Jalur kereta api, Berbahaya!’

BINTANG TENGGARA – Pada pukul 03.40 WIB masinis kereta api Wijayakusuma relasi Cilacap – Jember …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *