Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa. Suradji(DPMD) Kabupaten Situbondo, Suradji saat dikonfirmasi bantuan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa di Situbondo. (Foto. Zaini Zain)

Tahun Ini Pemkab Situbondo Alokasi Dana Desa Lebih Tinggi

Radiobintangtenggara.com, Situbondo – Tahun ini Bantuan Dana Desa  (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) naik menjadi 213 Miliar lebih.

Jumlah ini lebih tinggi dibandingkan bantuan DD dan ADD tahun 2017 silam yang hanya 201 Miliar lebih.

Tahun ini setiap desa akan menerima bantuan DD dan ADD mulai 1,1 Miliar hingga 1,6 Miliar.Dari 213 Miliar lebih bantuan DD dan ADD, rinciannya ADD sebesar 98 miliar lebih, sedangkan bantuan DD sebesar 115 Miliar lebih.

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Situbondo, Suradji,  dari 132 Desa di Situbondo, hingga kini baru ada 17 Desa bisa mencairkan ADD dan bantuan DD, karena persyaratannya sudah lengkap.

“untuk tahap pertama setiap desa bisa mencairkan ADD 50 persen, sedangkan untuk bantuan DD hanya 20 persen, karena ada perubahan peraturan” Ujarnya.

“dan untuk ADD pencarirannya dilakukan dua kali tahapan. Sedangkan DD pencairannya dilakukan tiga kali tahapan. Tahap pertama 20 persen, sedangkan tahap kedua dan ketiga masing-masing 40 persen” Kata Suradji.

Lebih jauh Suradji meminta, agar 115 Desa  segera merampungkan persyaratannya, agar bisa secepatnya mencairkan bantuan ADD dan DD tahap pertama.

ZAINI ZAIN

About Fareh Hariyanto

Check Also

Dankormar Tinjau Program Ketahanan Pangan di Puslatpurmar 5 Baluran

Radiobintangtenggara.com , Situbondo – Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr. (Han)  …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *