Warga Bondowoso diungsikah oleh BPBD pasca ada Gas Beracun. (Foto. M. Ansori)

Imbas Gas Beracun, Ratusan Warga Bondowoso di Ungsikan BPBD

Radiobintangtenggara.com, BONDOWOSO -Sebanyak 200 warga di 3 dusun di kecamatan ijen kabupaten bondowoso, diungsikan oleh badan penanggulangan bencana daerah.

pengungsian itu di karenakan adanya gas beracun yang berasal dari kawah gunung ijen yang mengakibatkan puluhan orang dilarikan ke tempat pengobatan.

Kapolres bondowoso, AKBP taufik herdiansyah zeinardi, mengatakan, pihaknya terus menindak lanjuti terkait gas beracun, selain menyelamatkan jiwa manusia, penyelamatan hewan ternak juga dilakukan, karena rata-rata 80 persen masyarakat bondowoso mempunyai beternak.

Korban yang terdata di puskesmas ijen ada 27 orang, 1 orang dirawat puskesmas lain, dan 2 orang lagi dirujuk kerumah sakit dokter koesnadi bondowoso.

Warga tetap berada di pengusian hingga situasi benar–benar dirasa aman. saat ini BPBD bersama sejumlah relawan serta TNI dan POLRI juga menyiapkan tenda pengungsian di kecamatan ijen.

Kapolres taufik menghimbau kepada masyarakat, wisatawan dan pendaki agar menggagalkan acara wisata dan pendakiannya, karna berdasarkan laporan balai konservasi sumber daya alam wilayah iii jember.

penutupan taman wisata alam kawah ijen akan berlangsung sampai selesainya gas beracun yang keluar dari Kawah Ijen.

saat ini BKSDA bersama pihak terkait tengah menginformasikan penutupan jalur pendakian kepada wisatawan yang berada di paltuding.

MOHAMAD ANSORI

About Fareh Hariyanto

Check Also

Polres Bondowoso Rilis Ungkap Kasus Selama 2018

Radiobintangtenggara.com, BONDOWOSO – Kepolisiana Resor (Polres) Bondowoso merilis hasil dari ungkap kasus kegiatan selama sepanjang  …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *