Situasi saat Bappeda melakukan rapat persiapan Verifikasi dokumen Program Multi Program & Multi Sektor di aula Pangripta, Jumat 23 Maret 2018. (Foto. Widhy Nurmahmudy)

Pemkab Banyuwangi Persiapan Verifikasi Sehat 2018

Radiobintangtenggara.com, BANYUWANGI – Upaya menuju Kabupaten Banyuwangi Sehat 2018. Bappeda melakukan rapat persiapan Verifikasi  dokumen Program Multi Program & Multi Sektor di Aula Pangripta, Jumat (23/03).

Selain Forum Banyuwangi Sehat (FBS) Banyuwangi yang hadir, ada juga dari lintas sector yang juga ikut dalam rapat persiapan tersebut. Seperti dari DLH, Dishub, Disnakertran, Disbudpar, Wasnaker Provinsi, Dinas Pertanian, Kominfo, Disperindag, DPUCKPR, Dinkes, Pokja IV PKK, DPKP, Bagian Perekonomian dan Bappeda.

Kegiatan rapat persiapan verifikasi dibuka langsung oleh Kepala Bappeda Banyuwangi, Waspo Tondo Wicaksono. Dalam sambutannya,   menyampaikan apresiasinya untuk persiapan yang dilakukan oleh semua pihak dalam menghadapi verifikasi Kabupaten Banyuwangi Sehat yang untuk tahun genap ini akan dilakukan pihak provinsi Jawa Timur.

Selain itu, pihaknya juga berharap untuk kerjasama lintas sector untuk bisa open dokumen yang menjadi bagian indicator Kabupaten sehat untuk tim Forum Banyuwangi Sehat yang menjadi tim tehnis dari program kementrian, seperti yang tertuang dalam Peraturan bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor : 34 Tahun 2005.

“Sehingga dapat menjadikan Banyuwangi yang lebih baik,” katanya.

Semementara itu, Wakil Ketua Forum Banyuwangi Sehat, Sunaryanto yang juga memaparkan tatanan tambahan yang akan diambil untuk tahun 2018-2019 mendatang oleh Pemkab Banyuwangi. Pihaknya menekankan, setelah 2 kali Banyuwangi mendapatkan penghargaan Swastisaba Padapa pada tahun 2015 dan Swastisaba Wiwerda pada tahun 2017.

Sunaryanto menambahkan di tahun 2018 tim Tehnis Forum Banyuwangi Sehat atas persetujuan Bappeda akan menambah tatanan dari 4 Tatanan menjadi 6 Tatanan.

“Semua tatanan ini sudah memiliki indikator dan telah dilakukan di setiap Kota atau kabupaten yang ikut dalam program Kota/Kabupaten Sehat,” ujarnya.

WIDHY NURMAHMUDY

About Fareh Hariyanto

Check Also

KAI Daop 9 Jember ‘Jangan Berada di Jalur kereta api, Berbahaya!’

BINTANG TENGGARA – Pada pukul 03.40 WIB masinis kereta api Wijayakusuma relasi Cilacap – Jember …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *