Aktifitas di Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan (BP3) Banyuwangi saat sebelum pesawat latih melakukan take off. (Foto. Irul Hamdani)

12 Putra Asli Papua Terima Beasiswa Sekolah Pilot Banyuwangi

Radiobintangtenggara.com, BANYUWANGI – Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan (BP3) Banyuwangi, tidak hanya membuka penerimaan calon taruna penerbang reguler. Kampus kedinasan dibawah naungan Kementerian Perhubungan RI, itu ternyata juga membuka program beasiswa khusus untuk calon taruna penerbang asli Papua dan Papua Barat.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha BP3 Banyuwangi, Quirina AP. Mintje menjelaskan, tahun ini program beasiswa bagi calon taruna penerbang asli Papua dan Papua Barat adalah angkatan ke tiga. Dimana dari hasil seleksi ada 12 taruna penerbang dari sana yang mulai mengikuti pendidikan.

“Mereka adalah berasal dari dan asli Papua dan Papua Barat. Persyaratan utama wajib asli Papua, orang tua harus asli orang Papua, bukan karena lahir disana,” urainya, ditemui di kantornya, Selasa (27/3/2018).

Kesemua taruna penerbang dari Papua dan Papua Barat itu akan menempuh pendidikan selama 18 bulan dan gratis. Program beasiswa ini disebut sebagai salah satu nawacita Presiden Joko Widodo, untuk membangun kualitas sumber daya manusia kawasan Timur Indonesia.

“Nanti diharapkan selepas menempuh pendidikan  bisa mengabdi di tanah kelahirannya,” tambahnya.

Selain beasiswa bagi putra-putri asli Papua, BP3 Banyuwangi tahun ini juga melakukan penerimaan calon taruna penerbang dari Pondok Pesantren se Indonesia. Tahapan seleksinya sendiri sudah mulai berjalan. Bagi calon taruna yang lulus bakal digembleng menjadi pilot yang juga tidak dipungut biaya.

“Persyaratan khususnya yakni santri harus sudah hafidz Al Qur’an minimal 5 juz,” tandasnya.

IRUL HAMDANI

About Fareh Hariyanto

Check Also

KAI Daop 9 Jember ‘Jangan Berada di Jalur kereta api, Berbahaya!’

BINTANG TENGGARA – Pada pukul 03.40 WIB masinis kereta api Wijayakusuma relasi Cilacap – Jember …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *